Beranda Olahraga All Sport Rencana TC Kembali Tertunda

Rencana TC Kembali Tertunda

SEMANGAT: Shooting guard timnas basket Indonesia, Arki Dikania Wisnu (merah) saat berlatih di Hi Test Arena, Batam, Jumat (14/7). F. OCTO ZAINUL AHMAD/BATAM POS

JAKARTA-Keterlambatan pencairan dana lagi-lagi membawa petaka bagi sejumlah cabor SEA Games 2017. Setelah loncat indah yang batal melakukan TC di Tiongkok beberapa waktu lalu, sekarang giliran timnas basket mengalami masalah serupa.

Timnas basket terpaksa menunda jadwal TC mereka ke Lithuania. Sejatinya, Mario Wuysang dkk dijadwalkan bertolak ke Lithuania kemarin (15/7) selama dua minggu. Hanya saja, proses pencairan dana saat ini masih menunggu persetujuan Sekretariat Negara (Setneg).

“Terpaksa, kami menunda TC ke Lithuania mungkin sampai minggu depan (22/7),” ujar Suhadi, manajer timnas. Untuk sementara, tim besutan Wahyu Widayat Jati dkk mem per panjang pemusatan latihan mereka di Hi-Test Arena, Batam.

universitas ibn khaldun bogor uika

Saat ini, timnas masih diper- kuat oleh 14 orang pemain. Namun, Suhadi mengungkapkan bahwa hanya akan ada 13 pemain saja yang akan dibawa ke Lithuania. Dengan rincian, 12 pemain dibiayai oleh negara, sedangkan seorang pemain lainnya akan diberangkatkan menggunakan kocek pribadi sang manajer. Namun, Suhadi masih enggan menyebutkan siapa satu orang yang ditinggal tersebut.

Bukan kali ini saja timnas basket mengalami penundaan jadwal TC. Pada Juni lalu, Arki Dikania Wisnu dkk juga sempat terkendala hal serupa saat ingin berangkat ke Amerika Serikat. Bahkan, timnas juga harus men cari dana sponsor untuk bisa memberangkatkan 15 pemainnya ke Negeri Paman Sam tersebut.

“Intinya, kami memang menunggu dana dari Satlak Prima. Kalau dana sudah klir, kami pasti akan berangkat. Soalnya, kami memang sangat butuh latihan di Lithuania. Mereka memiliki peringkat bagus di dunia,” ucapnya.
Sementara itu, pelatih timnas Wahyu Widayat Jati mengatakan, skuat yang ia bawa ke Lithuania dipastikan menjadi tim inti di SEA Games. Nantinya, hanya ada 12 pemain saja yang akan memperkuat Merah Putih, termasuk seorang pemain naturalisasi, Ebrahim Enguio Lopez.(jp)