Beranda Olahraga All Sport Kontra Buyarkan Mimpi Halep

Kontra Buyarkan Mimpi Halep

GAGAL: Simona Halep saat memukul bola yang dilesatkan Konta pada babak perempat final Wimbledon 2017

LONDON–Keinginan Simona Halep untuk pertama kali menempati ranking teratas dunia kembali tertunda. Unggulan kedua asal Rumania itu kandas di perempat final Wimbledon 2017 usai kalah dari petenis tuan rumah, Johanna Konta, 7-6 (7-2), 6-7 (5-7), 4-6, Rabu dini hari (12/7) malam.

Padahal, andai bisa lolos dari hadangan Konta dan melaju ke semifinal, Halep dipastikan akan menggusur Angeli­que Kerber dari ran­king pertama dunia. Namun, justru Konta yang berhasil merebut tiket semifinal sehingga peringkat pertama dunia akhirnya menjadi milik Karolina Pliskova meski terhenti di babak kedua.
Pertarungan Konta melawan Halep sejatinya berjalan ketat dan sengit sejak awal set pertama. Pada set pembuka, Halep mampu unggul dengan tie-break 7-6 (7-2). Namun, Konta sanggup membalas pada set kedua, juga melalui tie-break.

Backhand winner Konta meluncur ke sudut lapangan dan tak sanggup diantisipasi Halep. Konta merebut set kedua dengan disambut standing ovation dari publik tuan rumah.

Pada set ketiga, Konta berada di atas angin dan selalu unggul dalam perolehan poin dari Halep. Dukungan dari suporter akhirnya turut membantu unggulan keenam asal Inggris itu menuntaskan perlawanan Halep dengan skor 6-4.

Konta menjadi petenis pertama Inggris yang melaju ke semifinal Wimbledon sejak Virginia Wade pada 1978. Sebuah kebetulan pula Wade hadir mendu­kung langsung Konta dari Royal Box. Kini, Konta berjarak dua per­tan­dingan lagi untuk bisa menyamai prestasi Wade kala menjadi juara pada 1977. “Ini seperti tidak nyata karena seberapa cepat peru­ba­han di tenis,” kataKonta seusai pertandingan kepada BBC Sport.

“Saya benar-benar masih mencerna sesuatu. Saya sudah merasa jelas mengenai apa yang ingin saya capai, terlepas dari apakah hal itu berjalan sesuai keinginan atau tidak,” sambungnya.

Pada babak semifinal, Konta akan menantang petenis veteran Amerika Serikat sekaligus juara lima kali Wimbledon, Venus Williams, pada Kamis (13/7).
Williams lolos ke semifinal setelah menghentikan laju juara Prancis Terbuka 2017, Jelena Ostapenko, asal Latvia.(ira/jpg)