Beranda Bogor Raya Gapoktan Cariu Wakili Jawa Barat

Gapoktan Cariu Wakili Jawa Barat

Azis/Radar Bogor/c
PRESTASI: Bupati Bogor bersama jajaran Muspida melihat hasil kelompok tani di Kecamatan Cariu, yang berhasil mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

CARIU–Usai menjuara lomba Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tingkat Jawa Barat. Kini, Gapoktan Cakrabuana Sejahtera dari Kecamatan Cariu akan mewakili Jawa Barat meng­ikuti lomba tingkat nasional.

Kepala Dinas Tanaman Pa­ngan, Hortikultura, dan Perke­bunan Kabupaten Bogor, Siti Nuriyanti menerangkan, Kabu­paten Bogor mendapat peluang emas berkompetisi di level nasional dalam hal perta­nian. Sebab, Gapoktan Keca­matan Cariu cukup menjanjikan.

“Di tingkat Jawa Barat kita yang terbaik. Makanya, kita ditunjuk provinsi untuk maju ke level nasional,” ujarnya kepada Radar Bogor. Dia menera­ngkan, Gapoktan Cakra Buana Sejahtera Desa Cikuta­mahi, Kecamatan Cariu, telah melalui ujian dari Tim Penilai Lomba Gapoktan Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat.

universitas ibn khaldun bogor uika

Mereka telah melewati taha­pan-tahapan penilaian mulai dari kecamatan, Kabupaten Bogor, hingga Provinsi Jawa Barat. “Saat itu, penilaian dilaku­kan di sekretariat Gapok­tan Cakra Buana. Alhamdulillah, penilaian dari provinsi cukup meng­un­tungkan kita,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, tim dari nasional akan melaku­kan penilaian meliputi lima kriteria. Di antaranya, aspek administrasi kelembagaan, perenca­naan kegiatan, pelak­sanaan fungsi, pengembangan usaha, pembinaan, dan pelaporan.

“Kini, kelima aspek harus digenjot agar Gapoktan kita siap berkompetisi,” tuturnya. Mereka berharap Gapoktan Cariu ini bisa diumumkan seba­gai peme-n­ang saat Hari Tani Nasional, September mendatang.

Sebab, prestasi itu akan menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bogor, khususnya warga Cariu. Sementara itu, Camat Cariu, Didin Wahidin mengaku bangga dengan kepercayaan provinsi kepada Gapoktan Cakrabuana.

Menurutnya, prestasi tingkat provinsi ini wajib dijadikan motivasi untuk meraih sukses di tingkat nasional. “Jangan cepat puas. Dengan keberhasilan di pusat, maka secara tidak langsung akan mengharumkan Kabupaten Bogor dan Jawa Barat,” tandasnya.(azi/c)