25 radar bogor

Malaysia Manfaatkan Penonton

IST ANCAMAN INDONESIA: Pebulu tangkis Malaysia saat mengikuti kejuaraan internasional di Indonesia.
IST
ANCAMAN INDONESIA: Pebulu tangkis Malaysia saat mengikuti kejuaraan internasional di Indonesia.

MALAYSIA –  sebagai tuan rumah pada SEA Games 2017, Malaysia merasa dalam posisi diuntungkan. Mereja akan berupaya memanfaatkan dukungan suporter guna meraup medali emas, khususnya di cabang olahraga bulu tangkis.

Tim bulu tangkis menganggap status tuan rumah mutlak meningkatkan kepercayaan diri dalam berlaga di SEA Games 2017 pada 19-30 Agustus mendatang. Malaysia menjadi unggulan kedua di nomor beregu putra. Tergabung satu grup bersama Singapura, Myanmar, dan Laos, Malaysia percaya diri bisa ke babak final dengan mudah.

Jika mampu lolos ke babak final, Malaysia berpeluang berjumpa Thailand atau Indonesia yang akan bertarung lebih dulu di semifinal. Sekjen Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Datuk Ng Chin Chai, mengakui bahwa timnya mendapat keuntungan dari hasil undian. Ia juga percaya diri jika timnya mampu meraih emas di nomor putra.

“Hasil undian menjadi pertanda baik untuk tim putra dan putri untuk mempersembahkan yang terbaik. Tak ada keraguan, Thailand akan mengirimkan pemain terbaik mereka untuk beregu putra, tetapi kami punya peluang bagus untuk ke final dan merebut medali emas,” ujar Dato Ng Chin Chai seperti yang disampaikan di laman resmi SEA Games 2017.

Di atas kertas, Indonesia yang berstatus unggulan pertama dan juara bertahan, bisa bertemu Malaysia di babak final. Selain diprediksi bisa melangkah mulus ke final, Malaysia akan memanfaatkan dukungan suporter tuan rumah sebagai motivasi mereka dalam berjuang.

“Kami akan punya keuntungan karena menjadi tuan rumah di SEA Games dan dukungan para suporter akan memotivasi kami untuk meningkatkan permainan kami, terutama saat melawan Indonesia,” ucap pebulu tangkis putra Malaysia, Nur Izzuddin Mohd Rumsani, seperti dilansir The Star.

Tim bulu tangkis dituntut optimistis meski tanpa para pemain seniornya seperti Lee Chong Wei dan Goh V Shem dan Tan Wee Kiong. Skuat putra Malaysia di SEA Games akan berisikan nama-nama seperti Iskandar Zulkarnain, Nur Izzuddin Rumsani, Lee Zii Jia, Soong Joo Ven, Lim Chi Wing (tunggal), Teo Ee Yi-Ong Yew Sin, Chan Peng Soon, dan Goh Soon Huat (ganda).

Sementara di sektor putri, Malaysia diprediksi akan bertemu Indonesia pada babak semifinal. Skuat putri yang mereka turunkan adalah Goh Jin Wei, Soniia Cheah, Lee Ying Ying, Lim Yin Fun (tunggal), Vivian Hoo, Woon Khe Wei, Chow Mei Kuan, Lee Meng Yean, Cheah Yee See, dan Shevon Lai (ganda).(ira/jpg)