Beranda Politik Ketum PPP Berikan Restu, Langkah Uu Makin Mulus

Ketum PPP Berikan Restu, Langkah Uu Makin Mulus

DUKUNGAN: Uu (dua dari kiri) bersama Dedi Mulyadi (kiri), pengurus Golkar, dan Ketum PPP Romahurmuziy (kanan).

CIBINONG–Langkah Uu Ruzhanul Ulum maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018, makin mulus. Itu setelah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, memberikan restunya kepada bupati Tasikmalaya itu.

Romi-sapaan Romahurmuziy-, sepakat memilih Uu sebagai calon gubernur Jawa Barat. “Kami menginginkan Jawa Barat sebagai basis PPP,” ujarnya. PPP, kata dia, akan menaikkan popularitas dan elektabilitas Uu.

Sementara, Partai NasDem hingga kini terus melakukan penjajakan dengan sejumlah partai lain, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PPP. Penajajakan ini dilakukan agar mereka bisa menggenapkan 20 kursi dalam memuluskan pencalonan dari partainya.

universitas nusa bangsa bogor

Kabarnya, PPP-NasDem kini semakin mesra. “PPP sudah 80 persen kemungkinan mendukung (Ridwan Kamil, red). Kalau PPP sama NasDem itu sudah 14 kursi, tinggal enam kursi lagi,” ujar Saan.

Jika PKB bergabung, Saan menambahkan, dukungan parpol menjadi 21 kursi dan itu lebih dari cukup untuk mengusung Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018. Meski demikian, NasDem saat ini masih membuka kemungkinan untuk menerima tokoh lainnya yang akan diajukan oleh PPP dan PKB untuk bersanding dengan Emil. Terlebih PPP dan PKB masing-masing telah mengantongi sejumlah nama.

“Ada dua nama dari PPP, yakni Uu Ruzhanul Ulum dan Asep Maoshul (anggota DPR). Sementara di PKB ada Kiai Maman Imanul Haq (anggota DPR) dan kader PKB Helmi Faisal,” ujarnya.

Saan pun memastikan NasDem akan mempertimbangkan nama-nama tersebut yang dinilai cocok untuk mendukung kemenangan Emil.

Sebelumnya, kerja keras yang dilakukan bakal calon gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, berbuah manis. Nama bupati Tasikmalaya yang maju melalui PPP tersebut kini sudah masuk lima besar. “Alhamdulillah nama Uu, walaupun berasal dari orang kampung, sudah sejajar dengan deretan nama bahkan ada juga mantan artis,” ujarnya kepada Radar Bogor saat ditemui di Pendopo Tasikmalaya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sudah sejajar dengan Dede Yusuf yang notabanenya memiliki reputasi populer yang tinggi. Saat ini, UU juga mulai diperhitungkan di kancah pemilihan kepala daerah untuk gubernur Jawa Barat. Ia pun mulai dilirik sejumlah partai politik.(ded/c)