Beranda Bogor Raya Jalan Rusak, Penyakit ISPA Mengancam

Jalan Rusak, Penyakit ISPA Mengancam

Azis/Radar Bogor/c RUSAK PARAH: Kondisi Jalan Raya Bojongnangka-Cikeas, yang rusak parah dan berdebu, telah mengancam kesehatan warga setempat serta pengendara yang melintas.

GUNUNGPUTRI–Jalan Raya Bojongnangka-Cikeas, khusus­nya di Desa Bojongnangka dan Desa Karanggan, mengalami kerus­a­kan cukup parah. Hal ini memicu penyakit pernapasan karena setiap hari warga menghirup debu.

Kepala Unit Pelayanan Fung­sional (UPF) Bojongnangka, Dr Papileo menerangkan, rusaknya jalan raya ini berefek buruk terhadap kesehatan. “Kondisi jalannya rusak parah dan berdebu, khususnya siang hari dan saat tidak hujan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Dia menerangkan, kondisi ini akan mengakibatkan warga sekitar berpotensi terinfeksi saluran pernapasan akut (ISPA). “Masker bisa meminimalisasi masuknya debu yang mengga­nggu pernapfasan. Namun, tetap saja udara yang tercemar debu membaha­yakan siapa pun yang meng­hirupnya,” terangnya.

universitas nusa bangsa bogor

Meski belum dipastikan banyak­nya pasien menderita ISPA karena debu, ia berharap perbaikan jalan segera dilakukan. “Alangkah baiknya jika jalan segera diperbaiki agar warga tidak menjadi korban,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gunungputri, Prima Artha belum bisa memberikan data warga yang terkena ISPA di Keca­matan Gunungputri, karena belum melihat data pasti.(azi/c)