Beranda Bogor Raya Kadar Anion di Puncak Tinggi

Kadar Anion di Puncak Tinggi

SEGAR: Gunung Gede-Pangrango yang menjadi landscape dari kawasan Puncak Bogor yang ditumbuhi hutan alami.

CISARUA–Kabupaten Bogor dikenal wilayah pegunungan. Dengan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak yang berada di wilayahnya.

Ternyata, sejuknya udara pegunungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan sumber ilmiah yang dihimpun Radar Bogor, kadar anion atau ion di pegunungan jauh lebih tinggi.

Di antaranya pegunungan, hutan rimba atau air terjun memiliki 50.000 ion/liter. Sedangkan taman kecil sebagai paru-paru kota hanya memiliki kadar anion 100-200 ion/ liter. Dan perumahan di dalam kota 40-50 ion/ liter. Anion adalah ion dengan kandungan listrik negatif (elektron) yang menabrak molekulmolekul oksigen.

universitas nusa bangsa unb

”Di pegunungan dan hutan anion lebih tinggi Pada keadaan atmosfer stabil, rasio antara anion dan ionion positif,” ungkap peneliti hutan dari Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) Yodhi Muhtadi kepada Radar Bogor.

Menurut alumnus Fakultas Kehutanan IPB ini, banyak manfaat udara di kawasan Puncak Bogor bagi kesehatan. Seperti memurnikan darah, menumbuhkan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, peningkatan kemampuan syaraf otonom dan menghilangkan nyeri.

”Tubuh seperti dimurnikan kembali, ada lebih dari enam triliun sel meningkatkan kalsium sehingga segar dan tidak nyeri otot berkat kadar anion,” tukasnya.(don/b)