25 radar bogor

Minta WBO Menyelidiki

Pacman memukul jatuh Jeff Horn. Namun, dalam pertandingan ini, Jeff Horn menang setelah unggul dalam angka. KONTROVERSIAL: Pacman memukul jatuh Jeff Horn. Namun, dalam pertandingan ini, Jeff Horn menang setelah unggul dalam angka. KONTROVERSIAL: Pacman memukul jatuh Jeff Horn. Namun, dalam pertandingan ini, Jeff Horn menang setelah unggul dalam angka. REUTERS
Pacman memukul jatuh Jeff Horn. Namun, dalam pertandingan ini, Jeff Horn menang setelah unggul dalam angka. . REUTERS

MANILA–Kekalahan Manny Pacquaio atas Jeff Horn, masih memicu kontroversi. Bahkan, Pacquaio menyatakan ingin melakukan tanding ulang setelah tidak terima dengan hasil tanding yang berakhir dengan kemenangan Horn, setelah unggul dalam angka. Sepert diberitakan sebelumnya, Pacmanjulukan Pacquio-, takluk setelah kalah angka 117-111, 115-111, 115-111. Keputusan tiga juri yang didapuk untuk memberikan penilaian terhadap jalannya perebutan gelar kelas welter WBO itu dinilai kontroversial bahkan banyak pihak menilainya cacat. Kubu Pacman pun melayangkan protes dan meminta otoritas tinju melakukan penyelidikan terhadap kinerja para juri tersebut.

Terbaru, Pacman sendiri akhirnya menyuarakan kekecewaannya ke publik secara langsung. Meski ditegaskannya sudah menerima hasil keputusan pertandingan, namun Pacquaio mengaku sangat kecewa terhadap penilaian para juri yang menurutnya tidak berdasarkan fakta pertandingan di atas ring. Apalagi, sebuah Laman resmi tinju Fightnews mencatat Pacman mampu melepaskan 182 kali pukulan sementara Horn hanya 92 kali. “Saya sudah menerima keputusan tersebut, tapi sebagai pemimpin sekaligus pejuang, saya memiliki kewajiban moral untuk menjunjung tinggi sportivitas, kebenaran dan keadilan di mata publik,” ungkap Pacman dikutip ESPN. Karena itu, Pacquaio mengaku sudah melayangkan permintaan kepada Presiden WBO, Francisco Valcarcel agar melakukan investigasi terhadap kinerja wasit tersebut.(ps)