25 radar bogor

19.230 Lowongan CPNS Dibuka

JAKARTA–Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya pemerintah mengumumkan secara resmi lowongan CPNS baru 2017. Tidak tanggung-tanggung, kuotanya mencapai 19 ribu kursi lebih. Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta masyarakat waspada penipuan dengan modus dapat meloloskan jadi CPNS baru.

Pengumuman dibukanya lowongan CPNS baru itu disampaikan langsung oleh Asman. Dia didampingi Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung (MA) Aco Nur, Sekjen Kemenenterian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, dan Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja. Dijadwalkan publik bisa menyimak informasi resmi di website Kementerian PAN-RB, BKN, MA, dan Kementerian Hukum dan HAM mulai hari ini.

Lowongan yang dibuka kali ini memang sangat terbatas. Formasinya hanya untuk calon hakim, penjaga tahanan, analisis keimigrasian, dan 19 jabatan teknis lain di Kementerian Hukum dan HAM. Perincian kuotanya adalah untuk formasi calon hakim tersedia 1.684 kursi, penjaga tahanan atau sipir 14.000 kursi, analisis keimigrasian 2.278 kursi, dan 19 jabatan teknis lainnya dengan kuota 1.268 kursi.

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1–31 Agustus depan. Pendaftaran terpusat secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id. Pelamar harus melalui saringan awal yakni seleksi administrasi. Kemudian bagi yang lulus harus melewati seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kemudian juga ada seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai formasi masing-masing.

Asman menuturkan, kualifikasi pelamar untuk calon hakim adalah sarjana hukum, sarjana syariah, dan sarjana hukum Islam. Sementara kualifikasi untuk analisis keimigrasian adalah sarjana hukum, sosial politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer, dan bahasa asing. Sedangkan formasi sipir cukup lulusan SMA sederajat dan memiliki kemampuan komputer.

Dia mengatakan, sistem atau manajemen rekrutmen CPNS baru sudah ditata dengan baik. Sebab, pemerintah mengharapkan CPNS baru yang diterima, benar-benar sesuai dengan kompetensi atau keahlian. ’’Selama ini mungkin bisa minta bantuan, rekomendasi, titipan, saya nyatakan tidak ada lagi,’’ katanya.
Kepada masyarakat umum, Asman berharap untuk hati-hati dan waspada. Jangan sampai ada masyarakat yang tertipu dengan penjahat atau oknum calon. Biasanya mereka menebar jala penipuan dengan iming-iming bisa meloloskan menjadi CPNS baru.

’’Saya tegaskan yang bisa membantu masuk jadi CPNS baru itu, ya kemampuan si pelamar sendiri,’’ jelasnya.

Pemerintah tidak bertanggung jawab jika sampai ada masyarakat yang tertipu puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta, untuk bisa jadi CPNS baru. Sebab, Asman mengatakan, proses rekrutmen CPNS baru tidak dipungut biaya.

Sementara itu, animo masyarakat untuk mengetahui informasi cukup tinggi. Salah satu indikasinya adalah website Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementerian Hukum dan HAM tadi malam tidak bisa diakses. Menurut pegawai humas Kementerian PAN-RB, sedang ada perawatan untuk mengatasi tingginya lalu lintas pengunjung.

Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, beberapa waktu lalu sempat beredar surat lowongan CPNS di lembaganya. Dia berharap masyarakat berpatokan pada informasi resmi yang dilansir Kementerian PAN-RB. ’’Pendaftaran CPNS baru juga terpusat melalui sistem di Kementerian PAN-RB,’’ katanya.(wan)