Beranda Bogor Raya Pasien Hipertensi Meningkat

Pasien Hipertensi Meningkat

CISARUA–Pascacuti bersama Idul Fitri, kunjungan pasien penderita darah tinggi meningkat di Puskesmas Cibulan, Jalan Raya Puncak KM 81, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua, kemarin (5/7). Sebanyak 150 orang dalam kurun tiga hari pada awal Juli ini, berdatangan ke Puskesmas Cibulan.

Dokter Puskesmas Cibulan dr. Nurul Amalia mengatakan, usai Lebaran pasien lebih banyak yang ingin mengecek tekanan darah mereka karena memiliki masalah kesehatan. Seperti sakit kepala secara tibatiba. “Selama Lebaran mungkin mereka kesulitan mendapatkan obat, atau tidak terkontrol selama bulan puasa. Saya rasa bukan jumlah pasiennya yang bertambah, tapi memang lebih banyak yang datang untuk kontrol,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor.

Menurut dr. Nurul, kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap penyakit yang juga dikenal dengan nama hipertensi ini, membuat pasien di Cisarua meningkat. “Beberapa ada yang sudah mengerti bagaimana cara menanganinya. Cuma kan sebenarnya yang lebih banyak itu yang tidak tahu kalau mereka menderita hipertensi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selama ini puskesmas aktif melakukan penyuluhan. Dibantu pula oleh perkumpulan khusus untuk penderita penyakit seperti diabates maupun darah tinggi.

Agar penderita tidak semakin meningkat, Nurul berpesan agar masyarakat mengenali apakah memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau tidak. Dan mengecek tekanan darah secara rutin. “Hipertensi kan tidak mempunyai gejala. Jadi, pasien belum tahu kalau penyakit ini datang tiba-tiba,” pungkasnya.(pkl3/c)