Beranda Olahraga Kickers Menanti Peran Valverde

Menanti Peran Valverde

BARCELONA–Kompetisi La Liga musim depan akan segera dimulai. Semua klub papan atas pun sudah melakukan pembenahan, mulai dari penunjukan manajemen, pelatih baru hingga pembelian pemain.

Salah satunya Barcelona. Klub raksasa Spanyol ini sudah melakukan pembenahan, termasuk mengangkat pelatih baru, Ernesto Valverde, untuk menggantikan Luis Enrique.

Di tangan mantan pelatih Athletico Bilbao inilah, banyak pen gg emar dan pencinta sepak bola dunia bertanya-tanya. Seperti apakah Barcelona di tangan Valverde. Seperti ditulis Four Fourtwo, Valverde memiliki tradisi sepak bola yang menekan lawan, dan menyerang dengan gencar.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Publik pun bertanya-tanya, siapa pemain yang akan direktur Velvarde, untuk menghadapi kompetisi musim depan. Memang, selama enam musim memegang kendali Bilbao, Velvarde hany merekrut 14 pemain baru. Itu pun hampir seluruhnya bebas transfer.

Velvarde memang memiliki kriterai sendiri dalam merekrut pemain. Seperti mengutamakan pemain asli daerah, sisanya mengambil dari pemain muda di akademi.

Di Barcelona pun demikian. Valverde pun sudah membahas masalah La Masia (akademi sepak bola), saat baru bergabung dengan Barcelona. Terbaru, Velvarde merekrut jebolan La Masia, GEragr Deulofeu, yang sebelumnya juga berkarier di Everton dan AC Milan.

Kabarnya, La Blaugrana tengah membidik pemain PSG, Marco Veratti. Meskipun PSG menyatakan tidak akan melepas pemain andalannya ini.

Terkait posisi pemain, Velvarde dikenal dengan formasi 4-2-3-1. Saat masih menukangi Bilbao, Velvarde selalu menempatkan dua gelandang bertahannya.

Valverde sangat jarang memainkan formasi 4-3-3 atau bahkan 3-5-2. Bahkan, Velvarde pernah menurunkan tiga bek sekaligus, meski hasilnya kurang memuaskan.

Maka tak heran jika nantinya mega bintang Barcelona, Lionel Messi, akan tergantikan. Terlebih dengan perekrutan Deulofeu. Velvarde tidak menutup kemung kinan akan menempatkan Deulof eu sebagai penyerang utamanya.

Sementara, Messi bisa kemungkinan akan ditempatkan trequartista sebagai gelandang di belakang Luis Suarez. Jika hal ini terjadi, Messi pun akan kesulitan. Sebab, pemain yang baru saja melangsungkan pernikahan ini tidak pernah berperan sebagai trequartista, di bawah kepelatihan Enrique.

Namun, cara melatih Velverde ini sempat mendapat pujian dari mendiang legenda Barcelona, Johan Cruyff. Terlebih saat Velverde memegang RCD Espanyol sejak 2006 hingga 2008. “Sangat menyenangkan melihat cara Espanyol bermain; aku sangat senang dengan sosok seperti Ernesto (Valverde) yang bermain dengan cara itu (sepak bola menyerang) dan para pemirsa pun menikmatinya. Karena menyenangkan itulah sepak bola dimainkan,” seperti dilansir dari laman Guardian dan dikutip Fourfourtwo.

Senada dikatakan Pep Guardiola. Mantan pelatih Los Blanco situ menyebut jika Valverde sangat tepat menukangi Barcelona. “Semua orang bisa tenang. Sebuah skuat seperti yang mereka punya sekarang. Mereka butuh seseorang yang memahami klub, dan Ernesto adalah orangnya,” ucapnya seperti dilansir ESPN.(dkw/fft)