Beranda Pendidikan SMKN 2 Implementasikan Program Empat Tahun

SMKN 2 Implementasikan Program Empat Tahun

BOGOR–Tahun ajaran baru, SMKN 2 Kota Bogor mulai menerapkan program empat tahun untuk semua kompetensi keahlian yang ada dan telah diperbarui. Hal ini disampaikan Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Kota Bogor, Yusuf Mustofa di sela-sela kegiatan PPDB di sekolahnya, kemarin (3/7).

Ia mengatakan, setelah melakukan berbagai maping atau mengambil berbagai pertimbangan dari berbagai pihak, serta menyesuaikan dengan banyaknya permintaan pasar di era globalisasi ini, maka mereka pun merubah lama program menjadi empat tahun.

“Bukan kemauan kami, tapi banyak pertimbangan dan dorongan dari berbagai stakeholder, utamanya dari perusahaan- perusahaan yang telah kerja sama dengan kami agar mengubah beberapa jurusan atau program yang ada, karena sudah sedikit sekali peluang kerjanya. Makanya kami mengubah dengan yang serupa tapi lebih diarahkan kepada yang serapan tenaga kerjanya banyak,” bebernya kepada Radar Bogor.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

 

Sejumlah program yang telah diubah tersebut, sebanyak tujuh program, menjadi teknik fabrikasi logam dan manufaktur, sistem informatika, jaringan dan aplikasi, teknik dan manajemen perawatan otomotif, teknik mekatronika, teknik tenaga listrik, konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan, serta kompetensi keahlian konstruksi jalan, irigasi dan jembaatan.

Ketujuh program keahlian tersebut, kata dia, merupakan program yang memiliki masa pembelajaran selama empat tahun sesuai dengan kurikulum yang berlaku. “Jadi bukan mau kami, mau kami juga inginnya cepat, tiga tahun. Tapi dalam kurikulumnya, program tersebut memiliki bobot pembelajaran selama empat tahun,” ujar Yusuf.

Tentu, SMKN 2 Kota Bogor pun ingin lulusan mereka menjadi lulusan yang berkompetensi dan mudah diserap di berbagai industri di Indonesia. Sehingga, program empat tahun ini pun akhirnya diluncurkan mulai di tahun ajaran 2017-2018.(ran/c)