Beranda Bogor Raya Enam Kecamatan Favorit Pendatang

Enam Kecamatan Favorit Pendatang

SERIUS: Warga sedang merekam data di kantor kecamatan

CIBINONG–Kabupaten Bogor menjadi salah satu tempat tujuan warga dari luar kota. Terutama pasca-Idul Fitri. Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabu paten Bogor, Oetje Subag- dja menuturkan, pekerjaan dan pendidikan yang menjadi latar belakangnya.

Untuk pekerjaan, kata dia, kawasan industri seperti Keca- matan Cileungsi, Gunung Putri, Citeureup, Cibinong, Klapa- nunggal dan Sukaraja paling banyak didatangi. Sedangkan, untuk pendidikan ada perguruan tinggi yang besar seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Univer- sitas Pakuan, Universitas Djuan- da, UIKA Bogor ,dan lainnya.

Ia bahkan memperkirakan penamba han penduduk sekitar 15 ribu orang. “Namanya orang pasti mau cari kehidupan yang lebih baik,” ucapnya kepada Radar Bogor, kemarin (3/7).

universitas nusa bangsa bogor

Di Kabupaten Bogor, kata dia, selalu ada perubahan mengenai masalah data penduduk pendatang tiap tahunnya. Oleh karena itu, ia selalu melakukan proses pendataan. Dalam pelaksanaannya didampingi camat, kepala desa atau kelurahan, Satpol PP, dan bagian hukum. “Hal itu harus dilaksa- nakan. Sebab dikhawatirkan nantinya banyak orang merasa tenang tinggal di Kabupaten Bogor tetapi masih penduduk luar. Padahal, itu tidak boleh. Apalagi, saat ini untuk proses kependudukan harus betul- betul dihitung orang yang memiliki NIK Kabupaten Bogor,” terangnya.

Ia menegaskan, apabila datang dari luar kota segera melaporkan identitas diri. Jika mereka melaku kan pelaporan dan hanya sementara menetapnya, maka akan diberikan kartu penduduk sementara dari desa.(rp2/c)

SERIUS: Warga sedang merekam data di kantor kecamatan.