Beranda Metropolis Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

BOgOr–Usai Lebaran, rupanya harga beberapa komoditas pangan masih mahal di pasaran. Harganya bahkan masih sama saat kenaikan harga pangan memasuki momen Ramadan. Seperti harga daging sapi di Pasar Kebon Kembang, yang kini berada di kisaran angka Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram.

Padahal, sebelum mengalami kenaikan, harganya sebesar Rp115 ribu per kilogram. Akibatnya, masyarakat harus merogoh kocek lebih dalam ketika berbelanja daging sapi. “Belum turun lagi harganya. Masih tetap Rp120 ribu per kilogram, kalau yang kualitasnya lebih bagus pasti lebih mahal lagi. Normalnya itu Rp110 ribu hingga Rp115 ribu,” jelas salah satu pedagang Pasar Kebon Kembang, Arif (24).

Meski harganya masih melambung, rupanya, komoditas yang satu ini tak sepi pembeli. Malah, menurutnya, penjualan daging mulai dari memasuki momen Lebaran hingga sekarang jarang mengalami penurunan. “Apalagi saat Lebaran kemarin, semua masyarakat tetap belinya daging. Nanti juga harganya akan kembali normal,” terangnya.

Sementara itu, di Pasar Bogor juga sama. Harga daging belum turun. Hal tersebut dibenarkan oleh Kanit Pasar Bogor, Arif Budiman. Meski harga daging sapi kini sedang tinggi, tapi menurutnya, tidak lebih tinggi dari yang dijual pada tahun lalu. “Kalau tahun lalu, satu minggu sebelum Lebaran harganya bisa sampai Rp130 ribuan bahkan lebih,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, harga bahan pokok seperti cabai sudah turun. Bahkan, ada beberapa jenis cabai yang mengalami penurunan harga secara drastis. “Cabai rawit merah itu turunnya sangat drastis, sebelumnya sempat Rp70 ribu, sekarang jadi Rp38 ribu per kilogram,” tandasnya.(rp1/c)