25 radar bogor

Ratusan Pebulu Tangkis Diputihkan

PEMUTIHAN: Pebulu tangkis yang berada di bawah PBSI melakukan latihan fisik. IST

JAKARTA–Upaya meningkatkan kualitas pembinaan atlet sejak dini terus dilakukan PP PBSI. Termasuk dengan memberantas praktik pencurian umur yang dilakukan dengan memanipulasi data kelahiran atlet. Bahkan, ratusan atlet turut mengkuti program pemutihan yang dilakukan PP PBSI.

PP PBSI memang telah meluncurkan program pemutihan, yaitu pengampunan bagi mereka yang mengaku dan mengoreksi data kelahiran yang sebenarnya. Berdasarkan Surat Keputusan No. SKEP/021/0.3/III/2017 tertanggal 31 Maret 2017 tentang Pemutihan Data/Usia Atlet, program ini berlaku selama tiga bulan sampai dengan tanggal 30 Juni 2017.

Atlet yang membuat pengakuan secara tertulis selama masa pemutihan, akan dibebaskan dari sanksi. Hingga saat ini, sudah 111 atlet yang mengikuti program pemutihan.

“Diharapkan semua pihak (Pengprov, Pengkab/Pengkot, Pengurus/Pelatih PB/ Klub) untuk menyampaikan secara luas agar orang tua atlet yang ingin melakukan pemutihan, masih kami tunggu sampai dengan batas akhir yaitu tanggal 30 Juni 2017,” kata Rachmat Setiyawan, Kepala Bidang Keabsahan dan Sistem Informasi PP PBSI.

Ini merupakan kesempatan bagi para atlet untuk mengikuti pemutihan, karena tidak akan ada perpanjangan waktu. PBSI pun tidak akan meluncurkan lagi program pemutihan karena PBSI telah membangun sistem database bernama SI PBSI yang mewajibkan verifikasi data atlet sejak awal sehingga data yang masuk telah tersaring.

“Bagi mereka yang tidak mengaku pada masa pemutihan ini, apabila terbukti data kelahirannya tidak benar, maka dia akan dikenakan sanksi skorsing, berikut dengan tuntutan pidana kepada para pihak terkait,” ungkapnya.(ira/jpg)