Beranda Bogor Raya Barat Utara Pamer APBDes Pakai Baliho

Pamer APBDes Pakai Baliho

CISEENG–Keterbukaan atau transparansi terhadap publik, saat ini memang menjadi kebutuhan bagi semua pihak. Terutama bagi jalannya roda pemerintahan, baik tingkat pusat maupun daerah. Tak terkecuali, pemerintahan desa dalam melakukan dan merealisasikan berbagai program pembangunan di tengah masyarakat.

Hal ini yang mendasari Pemdes Ciseeng melakukan sosia- lisasi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) kepada masyarakat dengan berbagai cara. Salah satu media yang digunakan adalah pemasangan baliho besar tentang APBDes tahun 2017.

“Saya menyadari berbagai program pembangunan serta pemberdayaan desa, merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun warga. Adanya keterbukaan dan pertanggungjawaban sangat diperlukan, agar ma- syarakat dan aparatur desa bisa saling mengawasi dan memberikan masukan posi- tif,” ujar Kepala Desa Ciseeng, Atin Supriatin.

universitas ibn khaldun uika bogor

Sementara itu, Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Ciseeng Rivaldi Rusli menambahkan, adanya sosialisasi tentang APBDes bertujuan agar semua aparatur lingkungan dan masyarakat dapat bekerja bersama mengawal pembangunan desa.

“Semua ini kami sosialisasikan karena hasil musyawarah rencana pembangunan desa. Jadi, biar sama-sama bekerja dan sama-sama merasakan hasil pembangunannya,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kaur Ekonomi dan Pembangunan Desa Ciseeng, Belli Aswari. Menurut dia, berbag
ai program pembangunan tersebut mengngunakan sumber anggaran, baik dari APBD Kabupaten, Provinsi, dan APBN.

“Intinya, semua dibuat trans- paran kepada publik. Untuk programnya sendiri masih di dominasi pembangunan infrastruktur,” tukasnya. (all/b)