25 radar bogor

Cegah Diabetes dengan Konsumsi Kacang-kacangan

BAIK CEGAH DIABETES: Dengan mengonsumsi kacang-kacangan dapat mencegah diabetes.

Peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Prof Fransiska Rungkat Zakaria menemukan cara terbaru untuk mencegah penyakit diabetes. Caranya ternyata cukup sederhana. Yakni dengan mengonsumsi hasil pertanian utuh seperti kacang-kacangan.

Ia menjelaskan, untuk mencegah penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mengonsumsi hasil pertanian utuh seperti kacang-kacangan. Penyakit diabetes itu sendiri terjadi karena pola makan yang salah, seperti mengonsumsi makan industri yang mengandung pengawet dan juga perisa makanan.

“Indonesia sedang menghadapi ancaman kesehatan yang berat, yaitu kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Terlihat dari tingginya angka kematian dan beban kesehatan penyakit tidak menular (PTM) yang telah melebihi 60 persen dari beban negara. PTM disebabkan oleh perubahan gaya hidup manusia modern seperti perubahan pola makan,” kata dia.

Ia juga menjelaskan, kebanyakan makanan industri itu menggunakan bahan baku yang telah dimurnikan, seperti beras putih, terigu, gula pasir, margarin, garam dan minyak goreng. Artinya apa? bahan baku tersebut membawa kalori yang sangat tinggi tetapi miskin akan protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat dan komponen bioaktif. “Akibatnya, angka kegemukan, diabetes, penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan PTM lainnya semakin meningkat di Indonesia dan di belahan bumi lainnya,” terangnya.

Dijelaskannya, Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 telah mengeluarkan Peraturan Gula, Garam, Lemak (GGL) yang mewajibkan pelabelan pangan untuk mencantumkan kandungan GGL pada produk pangan beserta peringatan akan risiko konsumsi GGL dalam jumlah yang berlebihan. Permenkes 2013 tentang regulasi GGL harusnya diterapkan di industri pada tahun 2016. ”Sayangnya, penerapan ini tidak terlaksana karena adanya hambatan dari industri pangan dan perekonomian,” bebernya.

Menurutnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memproduksi kacang-kacangan dan peningkatan ketersediaan di pasar serta peningkatan konsumsinya di skala rumah tangga. Kacang-kacangan merupakan tanaman yang mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, serat komponen bioaktif yang tinggi.
“Produk kacang-kacangan ini diantaranya buncis, kacang tanah, kacang panjang, kedelai hitam dan sorgum,” ucapnya.

Dia menambahkan, mengon­sumsi makanan yang berbahan dasar kedelai hitam, juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.(*/c)