25 radar bogor

Ake Pemain Termahal Bournemouth

TERMAHAL: Nathan Ake (kiri), bersama chief executive Bournemouth, Neill Blake. IST

REKOR transfer termahal sepanjang sejarah Bournemouth akhirnya dipecahkan oleh bek muda Chelsea berusia 22 tahun, Nathan Ake. Pemain asal Belanda itu dibeli dengan harga 20 juta pounds atau setara dengan Rp339 miliar, pada Jumat (30/6).

Ake sendiri bukan wajah baru di Vitality Stadium. Sebelumnya, pada separuh awal musim lalu, Ake berada di Bournemouth dengan status pinjaman. Setelah tampil cemerlang bersama The Cherries, Ake dibawa pulang oleh Chelsea pada Januari.

Namun, di skuat The Blues dia justru sangat jarang mendapat kesempatan, beda halnya ketika masih bersama Bournemouth saat dia tampil 10 kali di Premier League. Alhasil, Bournemouth langsung bergerak cepat untuk menyelamatkan karier bek muda potensial Belanda itu dengan kontrak jangka panjang.

Ake menjadi pemain termahal yang dibeli Bournemouth setelah rekor sebelumnya dipegang Jordon Ibe saat dibeli seharga 15 juta pounds dari Liverpool pada tahun lalu. “Saya senang kami telah menyelesaikan transfer Nathan secara permanen,” kata manajer Bournemotuh, Eddie Howe.

“Dia adalah seseorang yang sudah kami kenal dan memiliki masa pinjaman yang sukses musim lalu. Nathan adalah pemain muda yang luar biasa dengan sikap yang fantastis dan keinginan yang besar untuk belajar dan berkembang. Dia memiliki masa depan yang sangat cerah dan saya sangat senang mengatakan bahwa masa depan ada di sini,” sambungnya.(ira/jpg)