Beranda Bogor Raya Puluhan Ribu PJU Rusak

Puluhan Ribu PJU Rusak

CIBUBUR–Puluhan ribu lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bekasi rusak. Bahkan, kerusakan lampu PJU ini terjadi di sepanjang jalur mudik.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi, Arief Maulana mengatakan, saat ini ada sekitar 25 ribu lampu PJU rusak. Selain rusak, komponen lampu juga banyak dicuri. “Dari jumlah ini, dalam waktu dekat kami baru bisa memperbaiki 5.000 lampu,” terang Arief.

Ia menjelaskan, kini pihaknya baru bisa memperbaiki lampu secara bertahap. Sebab, kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017 baru bisa membiayai perbaikan 5.000 lampu. Sehingga 20.500 lampu lainnya akan diperbaiki pada anggaran selanjutnya.

universitas pakuan unpak

Lanjut Arief, jalur mudik di Kota Bekasi masih dalam keadaan gelap. Untuk itu pihaknya sedang melakukan monitoring secara berkala di sekitar jalur mudik. “Monitoring dilakukan terus,” imbuh dia.

Berdasarkan pemantauan, saat ini ada tiga jalur mudik di Kota Bekasi. Yakni Jalan KH Noer Ali-Jalan M. Hasibuan-Jalan Chairil Anwar, Jalan Sultan Agung-Jalan I Gusti Ngurah Rai-Jalan Jendral Sudirman-Jalan Ir. Juanda dan Jalan Siliwangi–Kota Bekasi.

Di antara ketiga ruas jalan ini, Jalan I Gusti Ngurah Rai dan sepanjang Jalan KH Noer Ali masih minim lampu PJU. Sehingga, bila malam, penerangan di jalan sepanjang jalur mudik gelap.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerangan Jalan Umum Wilayah I Dinas PUPR Kota Bekasi, Soenaryo menerangkan, sejak menerima laporan kerusakan PJU, pihaknya sudah mempersiapkan pergantian lampu.

Saat ini, kata dia, pihaknya melakukan perbaikan di Jalan Sultan Agung, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Ir H Juanda, dan Jalan Cut Meutia.(kub)