Beranda Pendidikan UTM IPB Diikuti 4.879 Peserta

UTM IPB Diikuti 4.879 Peserta

BOGOR–Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar tes ujian talenta masuk IPB (UTMI), Sabtu (17/6). Peserta yang mengikuti tes berjumlah 4.879 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan memperebutkan 350 kursi untuk menjadi mahasiswa IPB di berbagai program studi.

Penyelenggaraan UTM IPB atau UTMI ini untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian. Ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat. Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis.

Terdapat 11 lokasi ujian UTMI yang tersebar di wilayah Kota Bogor, bekerja sama dengan beberapa sekolah di kampus Diploma IPB dan kampus IPB Baranangsiang. Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) IPB, Prof. Dr. Yonny Koesmaryono menyampaikan bahwa tes UTMI ini berjalan lancar, tidak ditemukan praktik joki dan calo sehingga fairness dari tes masuk ini dapat dijaga.

universitas nusa bangsa unb

Bagi peserta UTMI yang dinyatakan lulus, selama mengikuti pendidikan di IPB, akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta terhadap pertanian. Peserta yang mengikuti tes seleksi UTMI 2017 merupakan siswa yang memenuhi persyaratan.

“Yaitu, lulusan SMA/MA/SMK lulusan 2015, 2016, atau 2017 serta sehat jasmani dan rohani. Materi yang diujikan dalam UTMI adalah kemampuan IPA (matematika, fisika, kimia, biologi), bahasa Inggris dan tes talenta,” tutupnya.(ran/c)