Beranda Metropolis Sundown Marathon Hadir di Bogor

Sundown Marathon Hadir di Bogor

BOGOR–Tak lama lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal menggelar event olahraga berkelas internasional. Dengan identitas barunya sebagai the city of runner, Kota Bogor akan menjadi tempat diselenggarakannya Sundown Marathon. Rencananya, kegiatan yang terbagi atas beberapa kategori lari ini akan diselenggarakan pada 9 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Eko Prabowo mengatakan, Sundown Marathon berbeda dari event marathon lainnya yang pernah digelar di Kota Bogor. Menurutnya, ada bagian unik dari kegiatan yang perdana dilakukan di Kota Hujan ini. “Disebut sundown marathon karena dimulainya subuh. Kalau pagi atau siang kan sudah biasa, lagi pula kalau siang banyak wisatawan,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (19/6).

Ada tiga kategori jarak tempuh yang ada di Sundown Marathon, yakni Full Marathon (FM) dengan jarak tempuh 42,195 kilometer, Half Marathon (HM) 21 kilometer, kategori jarak 10 kilometer serta kategori jarak 5 kilometer. Ada perbedaan waktu start dari beberapa kategori yang tersedia. Khusus kategori FM, akan dimulai pukul 02.00. Sedangkan, kategori lainnya dimulai pukul 06.00.

universitas-nusa-bangsa

Untuk melekatkan sebutan Kota Bogor sebagai city of runner, rencananya ini akan dijadikan sebagai event tahunan. Nantinya akan terselenggara antara Juni ataupun Juli. Sehingga, Eko berharap, siapa pun akan terngiang bahwa setiap bulan tersebut ada event akbar di Kota Bogor. “Yang jelas, supaya Bogor terkenal sebagai city of runner. Ke depan di Juni atau Juli, akan terngiang bahwa di Bogor ada event marathon,” terangnya.

Ia mengatakan, siapa pun boleh mendaftar, mulai kalangan pelajar hingga dewasa. Malahan, dirinya berharap, dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar sebagai peserta Sundown Marathon, maka semakin besar pihaknya menemukan orang-orang yang berpotensi sebagai atlet lari. “Bisa juga ikut FM, nanti larinya ke Pekan Olahraga Daerah (Porda). Anak-anak yang berbakat dan berpotensi maka akan kita ambil, tentunya koordinasi dengan Koni,” kata Eko.

Meski beberapa waktu lalu Pemkot Bogor sempat menga­dakan event serupa dengan jarak 200 kilometer, tapi menurutnya, event yang bakal diikuti oleh peserta mancanegara ini akan lebih meriah. “Kemarin memang sempat ada event serupa, tapi kurang booming. Sehingga event yang ini akan lebih booming. Semua kalangan boleh ikut,” tandasnya.(rp1)