Beranda Politik Siapkan 18,9 Juta Keping Blangko

Siapkan 18,9 Juta Keping Blangko

JAKARTA–Pemerintah kembali menyiapkan jutaan blangko e-KTP. Namun, kali ini distribusinya diprioritaskan untuk 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak 2018. Penyediaan blangko e-KTP itu diharapkan bisa mengatasi masalah daftar pemilih dalam pilkada.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrullah menyatakan, jumlah blangko yang disiapkan 18,9 juta keping. ”Blangko tersebut untuk persediaan tahun ini hingga awal tahun mendatang. Daerah yang menggelar pilkada menjadi prioritas,” katanya.

Terhitung sejak Pilkada 2017, e-KTP menjadi syarat bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya. Namun, Zudan memprediksi proses produksi baru bisa dilakukan akhir 2017. Untuk saat ini prosesnya masih masuk tahap probity audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

universitas nusa bangsa unb

Saat ini, jelas Zudan, stok blangko masih cukup. Sebab, awal 2017 pemerintah telah menyiapkan 7 juta keping blangko. Dari 7 juta keping yang dicetak, baru 6 juta yang sudah didistribusikan. Itu pun, lanjut Zudan, belum semuanya digunakan. ”Baru terpakai di daerah sekitar 2 juta. Stok masih cukup,” ucap pria kelahiran Jogjakarta tersebut.

Terkait proses perekaman e-KTP, Zudan memastikan masih terus berlangsung. Dia optimistis tunggakan perekaman yang lalu bisa diselesaikan tahun ini. Apalagi, tunggakan tersebut relatif tidak terlalu banyak. Hanya 3 persen dari total 183 juta penduduk wajib e-KTP.

Pilkada 2018 sendiri menjadi batas akhir penggunaan surat keterangan (suket) bagi yang belum memiliki e-KTP. Untuk pilkada setelahnya, syarat e-KTP menjadi hal yang mutlak.(far/c9/fat)