Beranda Ekonomi Harga Cabai dan Bumbu Stabil

Harga Cabai dan Bumbu Stabil

Pedagang di Pasar Jambu Dua

BOGOR–Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ramadan dan jelang Lebaran tahun ini, harga berbagai komoditas di pasar tak mengalami kenaikan atau stabil. Salah satunya, cabai.

Pantauan Radar Bogor di Pasar Bogor dan Pasar Jambu Dua, harga cabai jablay per kilogram Rp30 ribu–Rp35 ribu. “Padahal sebelumnya Rp70 ribu,” kata pedagang cabai dan bumbu di Pasar Jambu Dua, Otif. Penurunan harga tidak secara langsung, melainkan bertahap.

Pedagang lainnya, Noh mengaku, hampir semua jenis cabai turun harga, bahkan sampai 100 persen. “Cabai jablay yang paling beda turunnya,” imbuh Noh.
Hal senada juga diungkapkan pedagang sembako dan bumbu di Pasar Bogor, Musrollah. Menurut dia, penurunan harga sudah mulai dirasakan pedagang sejak akhir Mei lalu.

Harga cabai jablay, kata Musrollah, saat ini Rp30 ribu per kilogramnya. Selain cabai jablay, hampir semua jenis cabai seperti cabai merah besar, keriting, dan cabai rawit ijo mengalami penurunan. “Semua cabai harganya turun,” terang Musrollah.

Selain cabai, rempah-rempah dan bumbu juga mengalami penurunan. Bawang merah di kisaran Rp20 ribu dan bawang putih Rp35 ribu. Penurunan harga juga berdampak pada penjualan yang membaik dibandingkan saat harga tinggi.(mer/c)