Beranda Metropolis Mal Perang Diskon

Mal Perang Diskon

ilustrasi

Memasuki sepekan menjelang Lebaran pusat perbelanjaan di Kota Hujan gencar menggelar ’perang’ diskon untuk menggaet konsumen. Ada yang menawarkan diskon hingga 70 persen untuk sejumlah produk pakaian. Ada pula yang memberi harga khusus untuk koleksi anak-anak dan boneka.

Tak mau ketinggalan, sejumlah restoran pun bersaing memberikan harga khusus demi menarik minat pengunjung. Program undian berhadiah juga gencar ditawarkan kepada pengunjung. Pantauan Radar Bogor, hampir semua pusat perbelanjaan modern menawarkan diskon bervariasi untuk berbagai macam produk, mulai pakaian, sepatu, sandal, tas, dan aneka kebutuhan lainnya.

Seperti, di Mal Botani Square. Potongan harga hingga 70 persen berseliweran di sejumlah tenant pakaian. Ada juga yang menawarkan promo beli satu gratis satu untuk produk sepatu dan sandal. Marcom Manager Botani Square, Herie Purnawan mengatakan, selama Ramadan seperti di tahun-tahun sebelumnya ada potongan harga di setiap tenant, rata-rata di angka 30–50 persen. Namun, bagi yang menginginkan potongan harga gila-gilaan bisa datang pada Sabtu (17/6) esok, dalam program Latenight Sale. Di sana ada diskon hingga 70 persen. “Kemudian yang paling beda di dalam latenight sale itu, ada dua yang spesial. Pertama penampilan Titi DJ yang akan mengawali latenight sale pukul 20.00 hingga 23.30,” kata dia.

universitas ibn khaldun uika bogor

Kedua, sambung Herie, ada shopping rally competition. Yakni program belanja sebanyak-banyaknya. Jadi nanti, pembelanja terbanyak mendapatkan poin dan berhadiah motor. Belanjanya pun hanya di latenight sale saja.

“Teknisnya itu, nanti struk pembelanjaan dikumpulkan dan nanti totalnya ditukar poin. Ada tiga kategori, kategori A pembelanjaan di supermarket dan jewelry nilai belanja Rp5 juta; kategori B elektronik dan gadget nilai belanja Rp2,5 juta; kategori C butik, F and B, nilai belanja minimal Rp200 ribu,” jelasnya.
Dia menyebutkan, traffic pengunjung sudah mulai ramai karena sudah masuk pertengahan Ramadan, peningkatannya sekitar 50–70 persen. Diprediksi puncak pembeli pada Sabtu–Minggu pekan ini. Mengantisipasi latenight sale, pihaknya mengerahkan keamanan berlapis. “Antisipasi keamanan ditambah. Saat malam takbiran tutupnya normal pukul 22.00,” kata dia.

Selain di Botani, Mal BTM juga memberikan promo diskon. Menurut Marketing Manager BTM, Susanto, program diskon BTM sedianya mengikuti program diskon masing-masing tenant yang dipastikan jumlahnya makin banyak.

Menjadi berbeda dari momen Ramadan di tahun sebelumnya, ada sebagian tenant yang merasakan tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Meski ada juga sebagian tenant yang merasakan tahun lalu lebih bagus.

“Karena mungkin penempatan tanggal. Kalau yang menyebutkan tahun ini lebih bagus dibanding tahun lalu, itu karena tahun lalu bersamaan dengan biaya anak sekolah. Tapi untuk tahun ini masih ada jeda waktu. Kalau dari sisi produk, biasanya di minggu awal itu baju anak diprioritaskan. Tadi sebagian besar pedagang baju anak-anak ada yang bilang omzetnya bagus, tapi ada yang turun, tergantung produk sih,” kata dia.

Untuk diskon, maksimal di 70 persen, itu pun di big tenant. Diprediksi puncak warga belanja pada Sabtu dan Minggu ini. Nah, kebiasaan dari BTM, puncaknya di malam takbiran diadakan obral sepatu.

“Rencananya 17–18 Juni ada latenight sale, maksimal sampai pukul 22.00 malam,” tuturnya.

Tak jauh berbeda, diskon gede-gedean juga dihadirkan Ramayana. Tim Promosi Ramayana, Chandra Irawan menuturkan, brand-brand yang mengusung nama artis ibu kota, semisalnya Ayu Ting-ting, Raffi Ahmad, juga Zaskia Mecca sudah laris dibeli. “Mulai dari buy one get one. Beli satu diskon 50+20, beli dua diskon 50+30 hingga beli tiga diskon 50+40,” ungkapnya.

Selain pakaian, sambung Chandra, bagian alas kaki pun disuguhkan diskon bukan main. Mulai brand Ardiles, Fladeo hingga Hommyped. “Tiap brand itu saling berkompetisi diskon yang paling besar. Di minggu-minggu awal, stok baju anak sudah mulai ramai, kalau bagian dewasanya belum terlalu banyak. Prediksinya di minggu terakhir Ramadan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Marcom Manager Lippo Plaza Ekalokasari Sukasari, Yohan Krismahadi mengatakan, di momen Ramadan ini ada program The Best Shopper Reward. Pembeli akan mendapatkan kupon undian yang berhadiah satu unit mobil.

“Belanja minimal Rp350 ribu dapat satu kupon undian di semua outlet. Program belanjanya hingga 17 Juni, dan diundi 18 Juni. Maksimal bisa mendapatkan lima kupon dari tenant yang berbeda-beda,” jelasnya.

Kemudian, sambung Yohan, diskon yang diberikan hingga 80 persen. Memang, selain itu ada program midnight sale sampai pukul 24.00. Tanggal 16, 17, dan 23 Juni. Tapi, tanggal 18 Juni hanya hingga pukul 23.00, sekaligus ada penampilan Rossa.

“Puncaknya diprediksi tanggal 17, 18 Juni. Karena ada Rossa juga, diharapkan bisa semakin menarik pembeli datang,” tandasnya.(wil/c)