Beranda Bogor Raya Harus Intensif Cek Kendaraan

Harus Intensif Cek Kendaraan

CIBUBUR–Mudik ke kampung halaman adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah rintangan. Tak jadi soal perjalanan lebih panjang daripada hari-hari biasanya.

Nah, bagi mereka yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, ada beberapa hal perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman. Ketua Umum Mercedes Benz Independent (MBI) RM Mukti Mulyo Sugiharto menjelaskan, pertama harus disiapkan kondisi pengemudi. Jangan sampai dalam kondisi tidak sehat.

“Yang pasti istirahat cukup. Jika sudah berkendara siapkan permen atau camilan sebagai teman di perjalanan. Berkendaralah dengan santai, tenang, dan menikmati perjalanan apa pun situasinya,” bebernya saat berbagi tips mudik aman kepada Radar Cibubur, kemarin (13/6).

universitas pakuan unpak bogor

Sementara itu, untuk kendaraan ada beberapa hal harus diper­hatikan. Mobil misalnya, jangan pernah lupa servis tune up. Cek aki, cek kondisi ban serta tekanan­nya, cek ban serep, cek kanvas rem dan sistem pengereman, kaki kaki, cek kanvas kopling, cek radiator dan sistem pengapian. “Jangan lupa selalu membawa obat–obatan dan jangan membawa uang cash terlalu berlebihan,” tambahnya.

Hal sama diungkapkan pengurus komunitas mobil Avanza Xenia Solution (AXS) Cikeas. Kondisi kendaraan harus dicek intensif. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh pemudik berjarak sangat jauh.

“Selalu cek kondisi kendaraan secara detail mulai dari kaki hingga mesin. Pastikan selalu menggu­nakan oli mesin yang baik. Lalu persiapan kondisi fisik supaya tidak kelelahan di jalan. Yang pasti tertib berlalu lintas,” papar peng­urus AXS, Kubil.(dka/c)