Beranda Bogor Raya Berangkatkan 3.478 Calhaj

Berangkatkan 3.478 Calhaj

CIBINONG–Kabar gembira bagi para calon jamaah haji Kabupaten Bogor. Jika tidak ada aral melintang, calon jamaah mulai berangkat ke Tanah Suci, Rabu (27/7). Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bogor, Syamsudin mengatakan, untuk calhaj mulai diberangkatkan dengan jumlah kuota 3.478 orang. “Sesuai jadwal, untuk Kabupaten Bogor yaitu kloter 2 dan tahun ini kloter kembali normal,” kata Syamsudin.

Pelaksana Informasi dan Kehumasan Kemenag Kabupaten Bogor, Ade Irawan menambahkan, sesuai data yang ada dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, untuk Kabupaten Bogor ada delapan kloter utuh dan dua kloter gabungan. “Kloter 77 dan 87 yaitu dengan Kota Sukabumi, Cianjur, dan Kota Bogor,” imbuhnya.

Saat ini, kata dia, yang masuk pemberangkatan gelombang pertama meliputi kloter 2, 9, 17, 36, 43, dan 44 sudah rapi dan siap. Bahkan, proses paspor sudah selesai saat ini pihaknya tinggal menunggu visa dari kedutaan. “Untuk gelombang pertama sudah dikirim semua paspornya ke Bandung, tinggal menunggu visa keluar,” tegasnya.

universitas pakuan unpak

Dari jumlah yang sudah selesai, sambung dia, sekitar 2.450 calhaj sudah diproses persiapannya dan sisanya tengah menunggu kesiapan para calhaj menyiapkan paspor. “Kami akan selesaikan dalam minggu-minggu ini sisanya,” ujar dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah menyiapkan bimbingan manasik haji baik di tingkat Kabupaten dan kecamatan melalui Pos Binsik, sesuai agenda para calhaj akan menerima delapan kali pelatihan Binsik, enam kali binsik di tingkat kecamatan (KUA) dan dua kali di tingkat kabupaten.

“Untuk Binsik sudah disiapkan di 22 Pos Binsik dan mereka akan mengadakan enam kali, dan dua kali di tingkat kabupaten, untuk ditingkat kecamatan sudah kami mulai pada 10 Juni,” bebernya.

Dirinya berharap, para calhaj untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun nonfisik karena berhaji merupakan ibadah perpaduan antara fisik dan nonfisik. “Kami imbau para calhaj menjaga pola kesehatannya dan juga mengikuti Binsik dengan baik sebagai bekal menjalankan rangkaian ibadah haji nantinya,” pungkasnya.(rp2/c)