25 radar bogor

Foto Selebrasi Pemain Bali United Mendunia

RADAR BALI VIRAL: Tiga pemain Bali United melakukan doa sesuai keyakinannya masing-masing. Foto ini pun menjadi viral.

JAKARTA–Sebuah foto selebrasi gol karya foto­grafer Radar Bali (Jawa Pos Group), Miftahuddin Halim, jadi perhatian dunia. Surat kabar Amerika Serikat, The Washington Post, melalui versi daring, menampilkan foto tersebut dengan disertai tulisan yang sangat menarik.

Foto itu sendiri merupakan selebrasi gol tiga pemain Bali United yakni Ngurah Nanak, Yabes Roni Malaifani, dan Miftahul Hamdi. Selebrasi gol ketiganya menjadi viral saat akun Facebook resmi Bali United mengunggahnya dan disertai tulisan “Karena perbedaan keyakinan tidak akan menghalangi kami untuk mencapai tujuan yang sama. Bali United Jaya!”.

Media asing, dalam hal ini The Washington Post, lantas mengunggah ulang foto tersebut di laman resmi mereka. Tentu saja disertai dengan tulisan menarik.
Selebrasi itu merupakan pesan damai untuk seluruh rakyat Indonesia yang penuh keberagaman, baik suku, agama, maupun ras. Ketiga pemain Bali United itu memiliki keyakinan berbeda dan melakukan selebrasi berbeda pula. Namun, tujuan mereka tetap sama yakni persatuan.

Dalam tulisan di The Washington Post, foto tersebut membuat adem suhu politik di Indonesia yang akhir-akhir ini memanas lantaran mengancam kehidupan toleransi beragama. Ngurah Nanak, Yabes Roni, dan Miftahul melakukan cara sederhana untuk menyampaikan pesan damai lewat bahasa sepak bola.

Fotografer Radar Bali dipuji karena menggemakan pesan damai lewat foto selebrasi tiga pemain Bali United. Bukan rahasia lagi, sepak bola bisa menyatukan perbedaan dan seluruh rakyat di suatu negara.(epr/jpg)