Beranda Bogor Raya Cabai Naik, Siapkan Operasi Pasar

Cabai Naik, Siapkan Operasi Pasar

MAHAL: Harga cabai di pasaran terus merangkak naik, karena tingginya permintaan masyarakat jelang lebaran (Sofyansah/Radar Bogor)

CIBINONG-Dua pekan jelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah bahan dasar kebutuhan pokok di pasaran terus merangkak naik. Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Jona Sijabat mengatakan, sayuran yang sulit dikendalikan yakni cabai, hingga kemarin dijual dari Rp24.000 menjadi Rp30.000.

Kenaikan harga tersebut disebabkan adanya permintaan yang cukup tinggi. Untuk itu, pemerintah akan melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu semakin melonjak.

“Nanti, ada operasi pasar murah di Kecamatan Nanggung, Tenjo, dan Rancabungur sebanyak 3.500 paket sembako. Sasarannya untuk rumah tangga miskin,” tuturnya.

universitas nusa bangsa unb

Jona meminta, semua gudang wajib melaporkan data stok ke pihaknya. “Itu wajib dari Kementerian Perdagangan dan kami saja melaporkan setiap tiga bulan untuk mengetahui persediaan sembako,” ujarnya.

Dengan adanya laporan tersebut, dapat terpantau jika ada gudang penyimpanan sembako yang melakukan penimbunan.

“Jangan sampai terjadi kelangkaan,” ucapnya.

Namun, ia mengklaim, sejauh ini ketersediaan bahan pangan di Kabupaten Bogor masih relatif stabil. Di antaranya, daging sapi saat ini Rp110.000 per kilogram. Sedangkan, untuk bawang putih masih di kisaran Rp44.000 dan gula pasir Rp13.000.(ded/c)