Beranda Metropolis Departemen ESL IPB Diakreditasi Tingkat ASEAN

Departemen ESL IPB Diakreditasi Tingkat ASEAN

DIPERIKSA: Tim penilai akreditasi AUN-QA mengunjungi kampus IPB.

BOGOR–Program studi sarjana (S-1) Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) Fakultas Ekonomi Manajemen, IPB, akan menambah jumlah program studi (prodi) di Indonesia yang mendapatkan akreditasi internasional, melalui kegiatan assesment oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang dimulai Selasa (30/5).

Kunjungan tim penilai akreditasi AUN-QA diterima di ruang sidang rektor, gedung Andi Hakim Nasoetion, kampus IPB Dramaga Bogor.
Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto mengatakan, IPB selalu berkomitmen dalam peningkatan mutu pendidikan. Proses penilaian akreditasi dari AUN-QA ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IPB, yang tidak hanya diakui secara nasional tetapi juga di tingkat regional dan internasional. ”Mengingat sistem penilaian AUN-QA menggunakan basis penjaminan mutu (quality assurance),” ucapnya.

Tim yang melakukan assessment di prodi S-1 ESL adalah Assoc Prof Ornsiri Cheunsuang dari Chulalomgkorn University Thailand dan Prof Suzeini Binti Abd Halim dari University of Malaya Malaysia. Prodi sarjana Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan FEM IPB merupakan satu-satunya prodi di Asia Tenggara.

Ketua Departemen ESL IPB, Aceng Hidayat, berharap kegiatan ini bisa memotivasi seluruh program studi di IPB agar memiliki kualifikasi standar internasional. “Visitasi ini akan dilakukan dari tanggal 30 Mei hingga 1 Juni guna memastikan kesesuaian standar proses pelaksanaan pendidikan, sistem manajemen, sumber daya manusia, sarana dan fasilitas dengan standar AUN-QA,” bebernya.

Salah satu yang menjadi unsur penilaian dalam akreditasi tersebut adalah melihat kualitas lulusan ESL IPB. Salah satu alumni ESL IPB, Fadilah Maulahafsah, sengaja hadir untuk di-interview tim assessor. Ia bersama sekitar 15 alumni lainnya ditanyai mengenai kegunaan ilmu yang dipelajarinya semasa kuliah di dunia kerja.(cr3/c)