Beranda Metropolis Andi Hakim Nasution Resmi Jadi Nama Jalan

Andi Hakim Nasution Resmi Jadi Nama Jalan

CEK KELAYAKAN: Petugas Dishub Kota Bogor memeriksa kondisi bus yang masuk dan keluar di Terminal Baranangsiang. Pemeriksaan itu untuk memastikan kondisi bus laik jalan.

BOGOR–Hari ini (3/6) Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan meresmikan Andi Hakim Nasution sebagai nama jalan. Mendiang mantan rektor IPB itu dinilai banyak memberikan jasa bagi Kota Bogor, sehingga diberikan penghargaan sebagai nama jalan. Nama jalan Andi Hakim Nasution akan menggantikan nama jalan Rumah Sakit II, yang letaknya berada di samping kampus IPB Baranangsiang.

Gagasan tersebut berawal sejak 2015, saat berlangsungnya seminar di IPB Baranangsiang. Ketua tim pengusul, Gatut Susanta menuturkan, pengajuan tersebut ditandatangani lebih dari lima ribu orang, mulai masyarakat hingga muspida. “Bahkan, dukungan itu ada yang dalam bentuk e-mail,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin (2/6).

Ia mengatakan, awalnya nama Andi Hakim Nasution diusulkan sebagai nama jalan Regional Ring Road (R3). Na­mun, rupanya, hingga kini proyek pembangunan jalan tersebut tak kunjung rampung. Maka, diajukan kembali kepada wali kota untuk mene­tap­kan nama tersebut sebagai nama jalan yang digunakan sebagai akses masuk menuju kampus IPB Baranangsiang dari arah Jalan Pajajaran.

“Usulan kami waktu itu, di jalan R3 yang belum ada namanya. Karena sampai hari ini jalan R3 belum ada penyelesaiannya, kemudian tim berkomunikasi lagi dengan wali kota dan rektor IPB, akhirnya ada jalan samping IPB itu lebih tepat. Karena, ketika beliau jadi rektor IPB, di situ letak kantornya,” paparnya.

Berbekal Surat Keputusan (SK) Wali Kota Bogor, Bima Arya nama jalan tersebut bakal diresmikan hari ini (3/6) pukul 10.00. Dalam acara peres­miannya, bakal diisi pula dengan berbagai macam hiburan yang dilakoni oleh orang-orang yang pernah diberikan motivasi almarhum Andi Hakim Nasution. “Akan diresmikan oleh Wali Kota Bogor dan Rektor IPB,” kata Gatut.

Para pengisi acara tersebut, di antaranya, paduan suara, seriosa dan keroncong dari IPB. Serta pembacaan puisi dan paduan suara dari SMA Kesatuan. “Ada penampilan pengamen jalanan juga. Lokasinya di jalan yang diresmikan,” tandasnya.(cr3/c)