Beranda Bogor Raya Waspada Bus tak Layak Jalan

Waspada Bus tak Layak Jalan

TELITI: Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky (kanan) ikut memeriksa kondisi ban bus yang tak layak jalan.

CIBINONG–Jelang arus mudik Lebaran, Polres Bogor bakal rutin melakukan pemeriksaan bus. Rabu (31/5), sejumlah petugas Satlantas Polres Bogor mendatangi salah satu PO bus.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”block” ihc_mb_who=”unreg,1″ ihc_mb_template=”3″ ]

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky menjelaskan, dari total 29 unit, dipastikan 12 bus sudah tidak produktif. Selain itu, beberapa bus masih layak jalan tapi sudah habis massa uji kirnya.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Lebih lanjut ia mengatakan, pemeriksaan bus di PO tersebut untuk mengantisipasi arus mudik lebaran, yang biasanya, perusaha­an transportasi kerap mengeluarkan seluruh kendaraannya meski sudah tak layak.

Berdasarkan data, kata dia, seti­dak­nya ada 10 PO bus yang tersebar di Kabupaten Bogor. Sehingga, perusahaan tersebut dipastikan dalam pengawasan Polres Bogor. “Pengecekan dilaku­kan detail,” ucapnya.

Meski demikian, pemeriksaan tersebut bukan berarti menghila­ngkan pemeriksaan di jalanan. Hanya, dengan mendatangi po bus dapat dipastikan secara teknis apakah kendaraan tersebut benar-benar masih layak atau tidak.

“Kami periksa mulai dari kampas rem, kelayakan mesin, perseneling dan sistem pengereman,” ujar dia.
Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengajak untuk bersama-sama membangun kesadaran, terutama dari pemilik po bus. “Jika sudah di jalan dan masih saja ada yang mencoba untuk mencuri-curi pengawasan, kami akan tindak keras. Tapi kalau masih di sini, kami arahkan untuk melengkapi,” ujarnya.

Dirinya memastikan, 12 bus yang tidak produktif itu tak akan beroperasi lagi. Kepala Bidang Pengawasan Dishub Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda mewanti-wanti masyarakat pengguna moda transportasi umum agar lebih selektif.(ded/c)[/ihc-hide-content]