Beranda Metropolis Penghilang Stres dan Bikin Fokus

Penghilang Stres dan Bikin Fokus

BOGOR–Siapa di sini yang suka gigitin kuku jari, mainin rambut, atau ketukin meja kalo lagi gelisah ataupun bosan? Tindakan di luar alam bawah sadar ini namanya fidgetting atau fidget. Karena kebiasaan  fidgetting ini suka mengganggu, maka muncullah fidget toys. Ya, mainan ini memang khusus diciptakan buat ngilangin stres dan kebiasaan fidget kita.

Salah satu yang lagi booming banget yaitu fidget spinner, sebuah alat kecil yang bisa memutar dengan penstabil di tengah. Jadi, kamu bisa menaruh jari kamu di tengah dan memutarkannya menggunakan jari yang lain. Alat ini bisa stabil karena adanya efek giroskopik. Efek giroskopik adalah efek yang sama dengan efek yang ditimbulkan saat kita mengayuh sepeda. Bentuknya beragam, namun yang paling populer adalah bentuk fidget spinner dengan satu bearing untuk berputar dan tiga bearing sebagai penyeimbang.

Bermain ini, akan membantu menghilangkan stres dan rasa bosan. Juga, memberikan kita kesempatan untuk mengistira­hatkan otak kita selama beberapa menit. Dengan mengistirahatkan kerja otak, kita bisa lebih tenang dan bisa fokus dalam mengerjakan suatu hal.

universitas ibn khaldun bogor uika

Crista Hopp, seorang terapis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) asal Virginia, Amerika Serikat, mengatakan fidget toys bisa mengurangi kebiasaan untuk fidgetting. ”Ketika tangan atau anggota tubuh yang lain bergerak, seseorang menjadi lebih fokus pada hal yang mereka harus lakukan. Spinner membantu untuk mengalihkan kebiasaan tubuh kita bergerak tanpa sadar,” ujarnya.

Dengan fidget spinner, kamu bisa melupakan tugas yang menumpuk dan menikmati waktu istirahat sesaat. Kamu juga bisa merasakan sensasi motorik pergerakan fidget spinner di tangan. Bentuknya yang kecil pula membuat alat ini praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Harganya juga beragam, mulai yang termurah Rp10 ribu hingga Rp300 ribu. Jadi, udah nggak zaman deh gigitin kuku, atau mainin rambut kalo kamu bosan!(*)