Beranda Bogor Raya Barat Utara Terpaksa Tarawih di Jalan

Terpaksa Tarawih di Jalan

TANPA MASJID: Warga Bumi Kartika Dramaga Raya melaksanakan salat tarawih di jalan kompleks perumahan mereka.

DRAMAGA–Warga Perumahan Bumi Kartika Dramaga Raya (BKDR) terpaksa menjalani ibadah puasa dengan keterbatasan. Musababnya, sudah dua tahun berjalan tak ada masjid yang disediakan pengembang. Hal ini membuat salat tarawih berjamaah terpaksa dilakukan di jalan perumahan.

Salah seorang warga Blok M Perumahan BKDR Ramdan Alwahdi mengatakan, sejak awal telah melaksanakan ibadah salat tarawih menggunakan jalan perumahan.

”Kurang lebih ada sekitar 35 kepala keluarga (KK) yang tarawih berjamaah,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (29/5).

Para warga, lanjutnya, telah beberapa kali mengadukan kepada pihak developer. Namun hingga saat ini, masih belum juga mendapat respons. Padahal sarana ibadah merupakan fasilitas umum yang seharusnya disediakan sejak awal pembangunan.

”Seharusnya pihak pengembang menyediakan sarana untuk warga beribadah, sehingga tidak kebingungan jika mau salat,” keluhnya.

Jika hujan, tambah Ramdan, warga akan kebingungan mencari tempat yang dapat menampung jamaah. ”Makanya kami namakan masjid Al Misbariah, alias gerimis bubar,” kelakarnya.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Dian (39). Ia mengatakan, fasilitas umum (fasum) yang dinantikan adalah adanya musala atau masjid. Pasalnya, hampir dua tahun ini warga melakukan ibadah di rumahnya masing-masing.

”Kami sudah melakukan rapat dan menyampaikan keluhan tentang ini, tetap saja tidak ada perubahan,” keluhnya.(cr4/b)