25 radar bogor

Agustus-September Imunisasi

SERIUS: Peserta sosialisasi campak measles rubella mendengarkan paparan pemateri.

NANGGUNG–Muspika bersama UPT Nanggung mengadakan sosialisasi kampa nye imu nisasi campak Measles Rubella (MR) kepada para kepala desa, PKK, kader posyandu dan RT/RW di aula kantor kecamatan, Rabu (24/5). Kepala UPT Puskesmas Nanggung Baringin Manik mengatakan, MR adalah penyakit akut dan ringan yang sering mengi n feksi anak serta remaja. ”Penyakit ini juga bisa menyerang wanita hamil. Infeksi MR yang terjadi sebelum kon sepsi dan awal kehamilan, dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella konge nital (congenital rubella syndrom) pada bayi yang dilahirkan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Kampanye imunisasi MR merupakan kegiatan imunisasi secara massal. Sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Diperlukan upaya percepatan untuk dapat mencapai target eliminasi penyakit campak dan MR tersebut.

”Alhamdulillah para kepala desa mendukung dan siap menginstruksikan staf kader dan RT/RW untuk mendata masyarakat yang berumur 9 bulan sampai 15 tahun. Agustus nanti imunisasi akan dimulai dan berakhir pada September,” tukasnya. Sementara itu, Camat Nanggung Muliadi mendukung penuh dan siap menyukseskan kam panye imunisasi MR tersebut.(cr4/cr5/b)