Beranda Bogor Raya Barat Utara Lansia Diajak Senam Sehat

Lansia Diajak Senam Sehat

SEHAT: Para peserta senam lansia sehat berolahraga pada Peringatan Ke-21 Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2017 di halaman kantor Kecamatan Nanggung, kemarin.

NANGGUNG–Dua ratus lima puluh lansia dari 14 puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) wilayah Jasinga, berkumpul merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2017 di halaman kantor Kecamatan Nanggung, kemarin (23/5). Acara yang dihadiri Muspika Nanggung dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor tersebut, diawali dengan senam lansia bersama.

Kabid Pengendalian Pemberantasan Penyakit pada Dinkes Kabupaten Bogor Agus Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. ”Salah satu dampak keberhasilan pembangunan kesehatan di Indonesia, terjadinya penurunan angka kematian serta peningkatan umur harapan hidup penduduk Indonesia, khusus- nya di Kabupaten Bogor ini,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), mening- katnya umur harapan hidup dari 68,6 pada 2004, menjadi 69,8 di 2010. Meningkat 70,8 lima tahun kemudian. “Kami terus mewujudkan komitmen terhadap kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan edukasi,” tuturnya.
Sementara itu, Ketua Panitia HLUN Puskesmas se-Wilayah Jasinga dr.
Baringin Manik ber- harap, dengan adanya Gebyar Lansia ini bisa memotivasi mereka untuk menerapkan hidup sehat. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit. “Dengan demikian, kami men- gharapkan agar para orang tua usia lanjut yang ada di puskesmas wilayah V, mendapat perhatian khusus dari pihak- pihak pemangku jabatan yang ada di lingkungan Pemkab Bogor,” jelasnya.(cr4/cr5/c)