Beranda Bogor Raya Barat Utara Awasi Penimbun Sembako jelang Puasa

Awasi Penimbun Sembako jelang Puasa

SIDAK: Muspika Ciampea melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu minimarket, kemarin.

CIAMPEA–Menjelang puasa, Muspika Ciampea melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang sembako, pasar, dan minimarket, kemarin (23/5). Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi adanya penimbunan sembako serta kenaikan harga dan beredarnya makanan kadaluwarsa di pasaran.

Camat Ciampea Setiawan mengatakan, sidak di sejumlah tempat dilakukan agar tidak ada yang menimbun sembako saat puasa nanti.

“Setiap barang diperiksa satu per satu. Di pasar tradisional belum ditemukan adanya kenaikan harga. Begitu juga di area gudang,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Ia mengimbau kepada para pedagang untuk tidak men- jual makanan kedaluwarsa. Karena hal tersebut sangat merugikan masyarakat. “Un- tuk tindakannya seperti apa, kami serahkan kepada pihak kepolisian,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciampea Kompol I Nyoman Yudhana mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Saat ini dilakukan bersama muspika untuk mengantisipasi penimbunan harga sembako dan makanan kedaluwarsa. Jika memang ada kelangkaan pasokan, pihaknya akan menelusuri penyebabnya. “Sekarang belum ditemukan. Pengawasan akan tetap dilanjutkan hingga akhir Lebaran nanti,” imbuhnya.

Nyoman menegaskan, akan menindak pedagang jika terbukti menimbun maupun menaikkan harga. “Apalagi sampai menjual makanan yang telah kedaluwarsa di pasaran, khususnya di Kecamatan Ciampea,” pungkasnya.(cr4/cr5/c)