Beranda Bogor Raya Barat Utara Bangun Infrastruktur Desa

Bangun Infrastruktur Desa

BANTuAN: Ketua Prodi Teknik Sipil universitas Pancasila Akhmad Dofir bersama Kepala Desa Leuwisadeng Agus Sopian saat menggunting pita sebagai bentuk selesainya pembangunan jalan lingkungan.

LEUWISADENG–Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Pancasila bersama Ikatan Keluarga Sipil Pancasila (Ikasila) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Legok Muncang, Desa Leuwi- sadeng, Kecamatan Leuwi- sadeng, Sabtu (20/5).

Kegiatan bertema Civil Social Action ini berhasil membangun jalan lingkungan sepanjang 100 meter dengan lebar 1,5 meter, perbaikan musala, dan Majelis Taklim Nurul Hidayah lewat anggaran dari para mahasiswa, alumi, serta program studi.

Ketua Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila Akhmad Dofir menuturkan, pengabdian kepada masyarakat merupakan runtutan kegiatan kemahasiswaan dan program studi yang bekerja sama dengan Ikasila.

universitas pakuan unpak

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan rutin setiap tahun sejak 1990, baik untuk skala kecil maupun sedang. Ini untuk memberikan aplikasi ilmu mahasiswa sipil guna meningkatkan gambaran kenyataan di lapangan.

“Seperti survei lokasi mana yang kira-kira dapat memberikan manfaat besar, khususnya bagi lingkungan. Selanjutnya, mahasiswa akan melakukan pengabdian pada masyarakat,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Selain membangun jalan dan perbaikan sarana ibadah, kata dia, para mahasiswa juga melakukan kegiatan pembinaan sumber daya manusia. Selain kemampuan sosial, para mahasiswa diharapkan terus meningkatkan kemampuan dirinya, terutama ilmu pengeta- huan. “Agar ke depan mereka dapat memberi contoh untuk yang lain,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikasila Irman Hadi mengatakan, pengabdian kepada masyarakat dikhususkan membantu desa- desa-desa tertinggal.

Kali ini, mereka dibantu BPMPD Kabupaten Bogor untuk memberikan rekomendasi lokasi. Lalu dilakukan survei, apakah desa itu sesuai atau tidak. “Kami ingin apa yang diberikan kepada masyarakat bermanfaat dengan target yang tepat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Leuwisadeng Agus Sopian berterima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan bantuan kepada warganya. “Dengan program ini, warga memiliki jalan lingkungan bagus dan sarana ibadah nyaman,” terangnya.(cr4/c)