Beranda Bogor Raya Bupati Restui Selatan Berpisah

Bupati Restui Selatan Berpisah

CIAWI–Perjuangan tokoh masyarakat wilayah selatan untuk membentuk pemerintahan daerah sendiri, mendapat respons dari Bupati Bogor Nurhayanti. Ia merestui niat Presidium Masyarakat Wilayah Selatan (PMWS) yang ingin berpisah dari Kabupaten Bogor. Hal itu terungkap dalam kunjungannya ke Kecamatan Ciawi dalam program Rebo keliling (Boling) kemarin (17/5).
“Kalau (pemekaran, red) lebih baik, saya mendukung,” katanya di hadapan tokoh agama dan masyarakat di Halaman Masjid Baiturrahman, Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi.

Pernyataan bupati pun diapresiasi Ketua PMWS Isman Kadar. Dengan begitu,
persiapan pemekaran menjadi lebih mudah. Salah satunya segera membentuk kepengurusan presidium.

“Saya juga akan melakukan silaturahmi kepada tokoh agama dan masyarakat yang ada di wilayah selatan,” tukasnya. Sebelumnya, Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Endang Kosasih menilai, Bogor Selatan sudah layak menjadi kabupaten karena memiliki potensi yang memadai. Salah satunya pariwisata yang selama ini jadi andalan. “Bogor Selatan ini lebih siap dan lengkap. Saya siap mendukung (pemekaran). Pemerintah sudah tidak bisa diajak bicara, mari kita sama-sama berdemo,” tegasnya.

Sedangkan, mantan Kepala Desa (Kades) Ciderum, Kecamatan Caringin, Otong Suherman menuturkan, pada zaman kepemimpinannya, masyarakat pernah menginginkan berpisah dari Kabupaten Bogor. “Saat itu keinginan masyarakat tidak berlanjut, karena banyak kepentingan pribadi atau kelompok yang memanfaatkannya,” kata dia.

Menurut dia, secara geografis wilayah selatan yang meliputi enam kecamatan ini, sudah layak dimekarkan dan membentuk pemerintahan daerah sendiri. Apalagi, masyarakatnya memiliki sumber daya manusia (SDM) yang tidak bisa diragukan lagi.(all/c)