Beranda Bogor Raya Wilayah Selatan Layak Dimekarkan

Wilayah Selatan Layak Dimekarkan

MENJANJIKAN: Kawasan Puncak yang subur dengan potensi alam sebagai andalannya, menjadi magnet bagi wisatawan.

CARINGIN–Rencana pemekaran wilayah selatan Kabupaten Bogor ternyata bukan kali ini saja digaungkan tokoh masyarakat. Pada 2003 silam, keinginan untuk berpisah dengan Kabupaten Bogor juga pernah digagas.

Mantan Kepala Desa (Kades) Ciderum, Kecamatan Caringin, Otong Suherman pun membenarkan kabar tersebut. Pada zaman kepemimpinannya, masyarakat pernah menginginkan berpisah. “Saat itu keinginan masyarakat tidak berlanjut, karena banyak kepentingan pribadi atau kelompok yang memanfaatkannya,” katanya kepada Radar Bogor kemarin (16/5).

Menurutnya, secara geografis wilayah selatan yang meliputi enam kecamatan ini, sudah layak dimekarkan dan membentuk pemerintahan daerah sendiri. Apalagi, sambung Otong, masyarakat yang ada di wilayah selatan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang tidak bisa diragukan lagi. “Kalau ingin tahu, masyarakat selatan masuk kategori konseptor dalam pembangunan Kabupaten Bogor. Mampu diadu dengan wilayah lain,” paparnya.

Otong bahkan mengajak warga di enam kecamatan wilayah selatan, agar bersama-sama mewujudkan pemekaran tersebut. “Adanya pembentukan presidium pemekaran wilayah selatan, harus didorong oleh seluruh lapisan masyarakat,” tukasnya.Sebelumnya, isu pemekaran wilayah selatan Kabupaten Bogor kembali mencuat. Rapat terbatas pun dilakukan agar bisa menjadi daerah otonomi baru di Indonesia.(all/c)