Beranda Bogor Raya PAD Citapen Hanya Rp2 Juta

PAD Citapen Hanya Rp2 Juta

CIAWI–Pendapatan asli desa (PAD) Kecamatan Ciawi terbilang kecil. Seperti Desa Citapen yang hanya mampu meraup Rp2 juta. “Iya, PAD desa segini adanya. Hanya Rp2 juta. Disyukuri saja,” ujar Kepala Desa Citapen Eman Sulaeman kepada Radar Bogor kemarin (16/5).
Sementara, untuk bagi hasil pajak dan retribusi daerah (BHPRD) cukup besar, yakni mencapai Rp246 juta. Eman mengatakan, jumlah PAD yang diraih Citapen memang terbilang kecil di antara beberapa desa di Ciawi. “Saya hanya bisa pasrah. Bersyukur saja dapat segitu,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Ia memaparkan, jika PAD digabungkan dengan BHPRD, jumlah total pendapatan Desa Citapen sebesar Rp270 juta. Belum lagi dengan bantuan dana yang digulirkan dari pemerintah pusat, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Bogor.

Untuk dana desa (DD), tahun ini Citapen mendapatkan anggaran sekitar Rp850 juta. Kemudian alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp511 juta, bantuan provinsi (banprov) Rp165 juta, rumah tidak layak huni (rutilahu) Rp200 juta, serta dana swadaya Rp498 juta. “Total pendapatan Desa Citapen dalam RAPBDes tahun ini sebesar Rp2,4 miliar,” tukasnya.(all/c)