Beranda Bogor Raya Aksi Mahasiswa IPB di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa

Aksi Mahasiswa IPB di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa

KOMPAK: Berbagai game menarik untuk meningkatkan motivasi para disable.

Program yang disebut Cause Disable Just A Label tersebut, dilaksanakan dengan penuh kebersamaan di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD) di Kara­ denan, Kecamatan Cibinong, Sabtu (13/5).

Kegiatan tersebut salah satu implementasi mata kuliah rekreasi anak penyandang cacat dalam program studi Eko­ wisata D3 IPB. Ketua pelaksana, Anugrah Putra Syafithra mengatakan, aksi tersebut menjadi kegiatan tahunan untuk satu angkatan.

“Tapi tahun berbeda­beda, tergantung dari suguhan apa yang akan diberikan oleh para disable ini yang bermanfaat dan bermakna,” katanya kepada Radar Bogor.

Kali ini, kata Putra, pihaknya memberikan hiburan melalui beberapa game yang memiliki banyak makna.

Seperti tebak kata yang dimainkan oleh 10 orang. Dalam tebak kata, mereka mengan­ dalkan bahasa tubuh dan gerakan tangan.

“Ini bermaksud bahwa komu­ nikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, kalau yang tidak bisa bicara bisa melalui bahasa tubuh,” tambah Putra.

Ada pula permainan labirin goal yang ditujukan yaitu kerja sama antar­teman dalam permainan. Dalam permainan tersebut, mengajarkan bahwa semua bisa membantu keku­ rangan temannya masing­masing dengan kelebihannya.

Selain games, mereka juga bernyanyi bersama antara band dari BBRVBD kolaborasi dengan band anak­anak Ekowisata Diploma IPB.

Ini, kata Putra, merupakan program mereka di mana bertujuan untuk memberikan hiburan dan mengasah kreati­ vitas para disable.

“Kami ingin mereka bangkit dan tidak patah semangat dengan tidak bisa ini dan itu, tapi melalui games-games yang kami berikan dan adakan, menunjukkan mereka bisa dan dengan kerja sama pun sangat kuat,” tutup Putra.(c)