Beranda Bogor Raya Selatan Batang Pohon Sumbat Irigasi

Batang Pohon Sumbat Irigasi

CIAWI–Batang pohon sepanjang tujuh meter dengan diameter 30 sentimeter, menyumbat saluran irigasi di Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, sehingga air meluap ke jalan jika hujan tiba.

“Sering banjir. Saat dicek, ada pohon menutupi saluran irigasi. Kami juga akan mengangkatnya secara gotong royong agar tidak menyumbat lagi,” ujar Juru Pengairan UPT Pengairan wilayah Ciawi, Dedi Junaedi kepada Radar Bogor, kemarin (7/5).

Selain pohon, sejumlah sampah rumah tangga dan kabel pun memenuhi saluran irigasi dengan total panjang mencapai 500 meter. “Hal ini ikut menimbulkan dampak banjir karena menyumbat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pengairan wilayah Ciawi Eka Sukarna mengatakan, pembersihan saluran dilakukan untuk meminimalisasi banjir yang menggenangi Jalan Teluk Pinang-Banjarwaru. “Saat hujan turun selalu banjir. Ketika diperiksa banyak sampah kabel. Yang paling parah adalah batang pohon yang menutup saluran irigasi. Jadi tadi dilakukan pembersihan dan pengangkatan pohon dan sampah yang menyumbat,” tuturnya.

Menurutnya, sampah-sampah mulai dari plastik, kayu, styrofoam, kasur serta bambu tersebut berasal dari hulu saluran. “Dibuang sembarangan oleh sebagian warga,” pungkasnya.(all/c)