Beranda Bogor Raya Barat Utara Tujuh Desa Rawan Longsor

Tujuh Desa Rawan Longsor

PAMIJAHAN -Pergeseran dan tanah longsor, masih menghantui warga Pamijahan. Berdasarkan pemetaan daerah rawan bencana yang dibuat Pemerintah Kecamatan Pamijahan, terdapat tujuh desa yang masuk zona berbahaya.

Yakni Desa Cibunian, Purwabakti, Ciasmara, Ciasihan, Gunungsari, Gunungpicung, dan Gunungbunder.

Menurut Sekcam Pamijahan Dedi Supriadi, terdapat satu desa yang rentan terjadi longsor, yakni Purwabakti. Mengantisipasi hal itu, pemerintah kecamatan pun menginstruksikan seluruh kepala desa serta linmas agar meningkatkan kesiapsiagaan akan bencana.

“Apalagi saat terjadi hujan lebat, sebisa mungkin warga yang tinggal di daerah rawan mengungsi ke tempat aman ketika hujan turun dalam waktu yang lama,” ujarnya kepada wartawan.

Ia juga meminta kepada warga untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan, juga menjaga lingkungan di sekitar.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Koesparð manto menyebut 24 kecamatan masuk kategori rawan bencana. Mantan kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini juga menyebut, peningkatan daerah bencana alam sudah tak dapat dibendung.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Jasinga, beberapa waktu lalu. “Jasinga yang tidak pernah banjir pun mengalaminya,” terangnya beberapa waktu lalu. (cr4/c)