Beranda Bogor Raya Selatan PENYULUHAN KESEHATAN KANKER ANAK

PENYULUHAN KESEHATAN KANKER ANAK

PADA tanggal 23 Februari 2017, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi (PKRS RSUD CIAWI) kembali mengadakan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat awam tentang Deteksi Dini Keganasan Pada Anak. Penyuluhan kali ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Kanker Anak Se Dunia, dihadiri sekitar 70 orang peserta yang kebanyakan adalah keluarga pasien yang berobat di RSUD Ciawi. Penyuluhan ini diadakan sebagai Awareness bagi kita semua karena berdasarkan data dari WHO bahwa Kasus Kanker Anak di Indonesia terdapat kira-kira 11.000 Kasus per tahun.

Penyuluhan Kesehatan yang terlaksana di Aula Lantai 4 RSUD Ciawi kali ini di isi oleh dokter spesialis Anak, dr. Emilda, SpA. Penyuluhan berjalan sangat lancar dan para peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan ini. Materi yang disampaikan oleh Narasumber pun tidak terlalu berat sehingga para peserta bisa memahami tentang Kanker Anak, dilihat dari peserta yang mengikuti penyuluhan ini berasal dari beberapa lapisan masyarakat.

Antusiasme para peserta sangat terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Narasumber yang juga dokter Anak yang praktek di RSUD Ciawi.

Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh peserta pun beragam. Mulai dari deteksi awal penyakit Kanker itu sendiri hingga Gizi yang harus dicapai pada penderita Kanker Anak. Walaupun penyuluhan ini diadakan relatif singkat, para peserta mengaku puas telah mengikuti penyuluhan ini. Dikutip dari salah satu peserta yang kebetulan seorang ibu rumah tangga ini mengaku penyuluhan ini sangat lah bermanfaat bagi masyarakat, selain informatif dan juga masyarakat bisa mengetahui deteksi dini penyakit ganas ini.