25 radar bogor

Mahasiswa IPB Ciptakan Helm Antikantuk

PENGENDARA sepeda motor sering kali meremehkan fungsi helm. Penggunaan helm bahkan dirasa menghambat kenyamanan saat tengah berkendara. Nah, ketidaknayamanan itu pun menjadi dasar inovasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menciptakan helm Hercoolest, yaitu helm refleksi dengan sirkulasi pendingin aromaterapi antikantuk.

Inovasi ini ditemukan oleh Riyan Agma Ramadhan, Arif Suryadi, Muhammad Suryanto, dan Nisa Nur Hafidza, mahasiswa Diploma IPB. Inovasi ini pun diikutsertakan dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)­KC.

Dijelaskan Riyan, pada Hercoolest ini terdapat beberapa kelebihan dibandingkan helm pada jamaknya. Seperti adanya sirkulasi udara dan penyaring udara pada muka helm, sehingga udara panas yang bisanya dirasakan para pengendara tidak terjadi lagi karena udara akan selalu masuk dan terus berganti.

“Selain itu, helm ini juga terdapat bagian sebagai tempat aromaterapi yang diletakkan searah dengan lubang sirkulasi udara, sehingga pengguna dapat merasakan udara segar saat berkendara,” katanya.

Pengguna helm juga dapat memilih aromaterapi sesuai dengan apa yang diinginkan. Belum lagi, ditambah dengan adanya refleksi pada bagian atas helm. Dengan tujuan, jika ada gerakan­gerakan sederhana pada titik refleksi yang ditempatkan di tempat yang strategis akan membuat pengendara sepeda motor tetap tenang dan rileks saat berkendara.

“Pada pembuatan Hercoolest ini, saya dan teman­teman menggunakan bahan yang aman dan tidak membahayakan pengendara sepeda motor, baik anak kecil maupun anak dewasa,” ucapnya.

Lebih lanjut Riyan me­ ngatakan, bahan penyaring udara yang dibuat juga berasal dari plastik yang elastis, namun memiliki fungsi yang sangat baik dalam menyaring udara. Nantinya, udara yang masuk dapat terkontrol dan stabil sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi dalam berkendara, tetapi justru akan meningkatkan konsentrasi pengendara motor.

“Selain itu, bahan lainnya adalah cloth diaper yang digunakan untuk membuat pelapis pada bagian dalam helm, yang dapat menghasilkan kesejukan bagi kepala pengendara, sehingga kepala akan selalu sehat dan rambut tetap segar,” beber dia.

Harapannya, hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang mayoritasnya menggunakan sepeda motor, dengan melihat banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi.(*/c)