25 radar bogor

127 Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

 

BOGOR–Pelunasan biaya keberang- katan haji tahun 2017 resmi ditutup Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor kemarin (5/5). Dalam periode pelunasan yang dibuka sejak 10 April lalu itu, hingga kini sudah ada sebanyak 810 calon jamaah haji (CJH) yang melakukan pelunasan dan daftar ulang.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kota Bogor, Ade Sarmili menjelaskan, dari sebanyak 984 kuota CJH, ada sebanyak 933 pembayaran awal. Sayangnya, dari jumlah itu ada 127 CJH yang sudah melakukan CJH yang belum melakukan pelunasan dan daftar ulang ke kantor Kemenag Kota Bogor. “Jadi, harus daftar ulang di sini setelah melakukan pelunasan di bank,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin.

Menurutnya, pihaknya telah mencoba mendatangi para calon jamaah yang belum melunasinya. Itu dilakukannya karena khawatir informasi mengenai pelunasan biaya haji tidak sampai pada CJH tersebut. Tapi, rupanya ketika didatangi, rata­rata alasannya ingin mundur berangkat ke tanah suci di tahun ini.

“Nah, rata­rata yang didatangi itu memang mau mundur mau berangkat tahun depan. Alasannya ada yang karena kesibukan, juga dalam kondisi punya anak kecil,” tuturnya.

Meskipun pihaknya bakal membuka pelunasan biaya haji tahap dua, rupanya, CJH yang terdaftar di tahap satu tetap tidak bisa membayarnya di tahap dua. Pasalnya, tahap pelunasan yang bakal dibuka dari tanggal 22 Mei hingga 2 Juni itu diperuntukkan bagi CJH yang gagal sistem ketika melakukan pelunasan di tahap pertama. Selain, itu juga diperuntukkan bagi yang sudah pernah melakukan ibadah haji.

“Kalau dia (CJH) porsinya tahap satu, wajib melunasi di tahap satu. Kecuali, di tahap satu gagal sistem, atau dia mahram. Artinya, orang tuanya ada di tahap satu, maka tahap dua itu untuk mahram. Kemudian untuk yang pernah haji juga. Jadi, yang pernah haji itu harus melunasi di tahap dua,” terangnya.

Untuk Kota Bogor, mayoritas calon jamaah sudah membayar sebesar Rp25 juta. Sehingga tinggal membayar sisanya untuk melunasi biaya haji yang mencapai Rp34 juta. Dia berharap, CJH yang berangkat ke tanah suci tahun ini segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas. Sebab, pemberang­ katan pertama Kota Bogor akan dimulai 27 Juli mendatang. “Khusus untuk Provinsi Jawa Barat akan ada 97 kloter keberangkatan di tahun ini,” beber Ade.(cr3/c)