Beranda Bogor Raya Roda Enam Dilarang Masuk!

Roda Enam Dilarang Masuk!

Dipasang: Petugas Jasa Marga dibantu Jasa raharja dan Satlantas Polres Bogor memasang rambu larangan untuk kendaraan di atas roda enam, kemarin. Doni Radar Bogor

CIAWI–Jelang bulan Ramadan, harga sayuran dan daging sapi di Kecamatan Ciawi mulai me- ngalami kenaikan. Walaupun biasa terjadi setiap tahun, hal ini diperkirakan akan sangat berpengaruh. Mengingat kemam- puan ekonomi masyarakat yang dinilai masih rendah.

Salah satu pedagang di Pasar Ciawi, Yana Mulyana (34) mengungkapkan, kenaikan harga tahun ini dianggap cukup besar dibandingkan sebelumnya. Namun, belum begitu signifikan dan diperkirakan akan kembali meningkat seminggu menjelang Ramadan.

”Harga-harga sudah mulai naik. Sudah cukup mahal, tapi daya beli masyarakat tidak seimbang,” katanya kepada Radar Bogor kemarin (4/5).

universitas nusa bangsa unb

Ia menuturkan, beberapa jenis sayuran yang mengalami kenai- kan di antaranya bawang putih yang semula seharga Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Kemudian, tomat dari Rp5.000 menjadi Rp9.000 dan cabai Rp25 ribu menjadi Rp29 ribu– Rp30 ribu.

Yana mengaku, harga-harga tersebut diperkirakan akan terus merangkak naik. Jika terus berlangsung, dikhawatirkan akan semakin berdampak pada me- lemahnya daya beli masyarakat.

Selain sayuran, harga daging sapi pun diprediksi naik hingga di atas Rp150 ribu per kilogram. Sementara harga normal biasanya berkisar pada Rp110 ribu–Rp120 ribu. Kenaikan tersebut diduga terjadi karena kacaunya ketersediaan daging lokal dan impor.

”Untuk sekarang ini, harga daging impor turun tapi stoknya tidak ada. Makanya, penjualan pun mengandalkan daging lokal,” ujar Wawan Dermawan (35), salah satu pedagang daging sapi. (all/c)