Beranda Bogor Raya Proyek Bocimi Ganggu Pasokan Air

Proyek Bocimi Ganggu Pasokan Air

CIAWI–Adanya pengalihan pipanisasi milik PDAM Tirta Kahuripan di Cijeruk, memaksa warga Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, tidak mandi. Penyebabnya, pasokan air tidak mengalir.

Terganggunya pasokan air PDAM itu karena terkena pembangunan Tol Bocimi. Adapun pelanggan yang terkena imbas meliputi Desa Cijeruk, Caringin, Lengis, Tengek, Bitungsari, Warung Nangka, Banjarwangi, Cikereteg, Kabandungan, dan sekitarnya.

”Di kampung kami sangat sulit mendapatkan air, karena berada di dataran tinggi. Jadi kalau pasokan air dari PDAM tidak ada, kami terpaksa harus mandi pakai air galon, tutur Iwan (35), warga RT 01/03 Desa Bitungsari kepada Radar Bogor kemarin (1/5).

Iwan mengungkapkan, hampir semua rumah warga di Bitungsari tidak memiliki sumur air. Untuk mencukupi kebutuhan, hanya mengandalkan dari aliran PDAM Tirta Kahuripan.

”Pernah saya membuat sumur, tapi sudah puluhan meter tidak keluar air. Makanya kami semua hanya mengandalkan pasokan air dari PDAM. Bila ada gangguan terus kami jadi sulit melakukan kegiatan MCK,” imbuhnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Cabang PDAM Tirta Kahuripan wilayah Ciawi Syarip Hidayat. Pasokan air dipastikan terganggu.

”Berhentinya sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan,” tukasnya. (all/c)