25 radar bogor

UMKM Butuh Pasar Khusus

DRAMAGA–Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Bogor mengadakan sosialisasi bertema Usaha Mikro Kecil Menengah Menuju Kemandirian, di Kafe Teras Situ Burung, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, kemarin (20/4).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor Trisno mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari programnya untuk menciptakan ketahanan pangan di level yang tinggi. Dengan ujung tombaknya ada pada desa.

”Diharapkan masyarakat luas bisa juga mengetahui bagaimana menciptakan ketahanan pangan,” ujarnya kepada Radar Bogor.
Ia mengimbau agar UMKM harus mandiri dan tidak lagi mengandalkan bantuan pemerintah.

”Nantinya pemerintah hanya memfasilitasi untuk kemudahan akses perbankan, penjualan, dan galeri,” terangnya.
Sementara itu, Camat Dramaga Baehaki mengungkapkan, produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di wilayahnya sudah layak jual. Ia ingin  potensi yang ada bisa terfasilitasi agar bisa lebih berkembang lagi.

”Keluh kesah mereka juga menjadi bahan pertimbangan kami ke depan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cikarawang Saturi menuturkan, banyak produk UMKM unggulan yang dihasilkan oleh kelompok tani dan kelompok wanita tani. Tetapi, sering kali mereka terkendala dalam bidang usahanya, baik dalam urusan permodalan dan market-nya.

”Saya minta kepada dinas terkait agar produk yang dihasilkan di sini bisa disebarluaskan. Supaya usaha masyarakat bisa berkembang, tidak vakum apalagi hilang begitu saja,” singkatnya.(cr4/b)