25 radar bogor

Korban Puting Beliung Butuh Bantuan

BERSIHKAN PUING: Polisi dibantu TNI membersihkan puing-puing kerusakan rumah warga, kemarin.

CISEENG–Aksi kerja bakti dilakukan berbagai elemen di Kampung Blok Sukun, Cikupa, Cigelap dan Siliwangi, Desa Cibeuteungudik, Kecamatan Ciseeng, kemarin (20/4).

Hal ini dilakukan lantaran keempat kampung tersebut diterjang puting beliung, sehingga menyebabkan ratusan unit rumah rusak, Rabu (19/4) sore.

Kepala Desa Cibeuteungudik Bambang Indra Gunawan mengatakan, kerja bakti dilakukan dengan membersihkan puing-puing pascabencana sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Selain perangkat daerah, Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor turut membantu.
”Data terbaru yang didapatkan ada sebanyak 31 unit rumah rusak berat,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin.

Ia menerangkan, yang perlu mendapat perhatian khusus adalah rumah-rumah yang rusak parah. Mengingat, pemerintah desa memiliki batas kemampuan dan bantuan, serta membutuhkan waktu cukup lama. Sementara, para korban tidak mungkin terus-menerus tinggal di rumah saudaranya.

”Alhamdulillah, kalau untuk logistik, Dinsos Kabupaten Bogor telah mengirim sejumlah bantuan untuk korban bencana,”  tuturnya. Sementara itu, Camat Ciseeng Eddy Muslihat menyatakan telah melakukan musyawarah dengan perangkat desa. Bagi korban yang rumahnya rusak berat, akan dibantu melalui swadaya dari masyarakat. Namun, tidak semua rumah yang bisa dibantu dengan cara swadaya.
”Paling, hanya beberapa rumah yang bisa dibantu,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, staf Perlindungan Bencana Dinsos Kabupaten Bogor Andri menuturkan, bantuan yang diberikan berupa 200 paket makanan siap saji dan kebutuhan logistik lainnya.

”Kami memberikan bantuan berupa sembako, paket makanan siap saji, matras, selimut, dan tenda gulung,” singkatnya. (cr4/b)